Theraphy asma

Penyakit asma berasal dari kata “asthma” yang diambil dalam bahasa yunani yang mengandung arti “sulit bernafas”. Gejala awal dari timbulnya penyakit asma adalah gejala sesak nafas, batuk dan suara mengi (bengek) yang dikarenakan adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen pada paru-paru dan rongga dada yang membuat saluran udara menjadi terhambat.

banyak sekali terapi yang dianjurkan untuk para penderita asma salah satu terapi yang sangat dianjurkan bagi para penderita asma adalah berenang, karena olah raga diair ini ternyata banyak memberikan manfaat, diantaranya adalah memberikan relaksasi, meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru serta sangat ampuh untuk membakar kalori. Selain itu sekitar 10 centimeter diatas permukaan air terdapat udara yang sangat baik sehingga sangat baik untuk organ pernafasan.

selain itu manfaat berenang adalah :

1. Berenang mampu menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki sehingga mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

2. Dengan berenang, sistem kardiovaskular dan pernafasan akan menjadi kuat. Penafasan menjadi lebih sehat, lancar, dan juga lebih panjang.

3. Gerakan mendorong dan menendang air dengan tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Berarti, berenang mampu meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru.

dan terakhir,

4. Berenang dapat menghilangkan stres. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Selain suasana hati menjadi lebih sejuk dan pikiran yang lebih adem, aktivitas berenang jauh dari rasa gerah seperti olah raga lain.

Tentunya penderita asma yang ingin melakukan aktifitas renang, harus memperhatikan kemampuan dan kondisi kesehatan. Bila belum mampu berenang layaknya orang sehat bisa dimulai dengan bertahap dan jangan memaksakan diri

Dengan melakukan renang akan melatih seluruh otot pernafasan mulai dari dada, perut, bahu dan pundak. Semuanya ikut bergerak sehingga dapat memperbaiki kundisi pada penderita asma. Renang yang dilakukan 3 – 5 kali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru, terlebih aktivitas renang dilakukan dengan baik. Aktivitas renang yang dilakukan dengan baik antara 1 – 2 jam setidaknya dapat membakar 275 kalori/jam. Selain itu renang yang baik dapat membantu mempertahankan tekanan darah dan kolesterol yang berdampak pada kesehatan liver.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mareta Isti Rosetya dan Hardian dari fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang terhadap 20 orang mahasiswa yang berenang rutin dengan baik dan yang tidak berenang selama 3 bulan, ternyata kelompok mahasiswa yang berenang dengan  rutin mengalami peningkatan arus puncak Ekspirasi, atau peningkatan fungsi organ paru – paru dan saluran nafasnya dibandingkan dengan para mahasiswa yang tidak terlatih berenang.

Olahraga renang adalah salah satu olahraga sekaligus obat alternatif yang baik bagi penderita asma. Dengan berenang, penderita asma dapat mengurangi frekuensi munculnya penyakit asma. Sebab dengan melakukan renang seluruh otot – otot bergerak juga memperkuat otot jantung. Selain itu, dengan olahraga renang dapat membangkitkan rasa percaya diri bagi penderita asma. Tak hanya untuk penderita asma, olahraga renang juga akan sangat membantu bagi mereka yang kelebihan berat badan, mengurangi ketegangan sendi serta memudahkan persalinan bagi ibu hamil.

Untuk itu bagi para sahabat yang belum terbiasa dengan olahraga ini mari kita mulai untuk membiasakannya demi untuk menjaga kesehatan jasmani kita dan menjalankan Sunnah Nabi kita Muhammad saw. seperti dalam salah satu hadis

“ Ajarilah anak – anak kalian berenang, memanah dan menunggang kuda “
( HR. Bukhori dan Muslim )
demikian artikel yang saya buat, semoga bermanfaat ^_^
by. Chaky Thea

Leave a Reply