terapi asma

 

Renang merupan salah satu olahraga yang memiliki manfaat yang cukup banyak. selain untuk rekreasi dan tujuan prestasi, renang juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit. salah satunta adalah penyakit aswma. Olahraga renang adalah olahraga yang paling baik untuk penyembuhan asma, apalagi penderita asma tersebut masih berusia muda. Olahraga ini pasti menjadi rekomendasi Dokter-Dokter Umum maupun Dokter Spesialis Paru-Paru.

Berenang mampu menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.Selain itu dengan berenang, sistem kardiovaskular dan pernafasan akan menjadi kuat. Penafasan menjadi lebih sehat, lancar, dan juga lebih panjang. Gerakan mendorong dan menendang air dengan tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Berarti, berenang mampu meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru. Berenang dapat menghilangkan stres. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Selain suasana hati menjadi lebih sejuk dan pikiran yang lebih adem, aktivitas berenang jauh dari rasa gerah seperti olah raga lain.

Beberapa penjelasan diatas telah menjelaskan betapa pentingnya olahraga renang untuk melatih pernafasan, mengilangkan rasa takut dan stress bagi para penderita asma. Seperti yang diketahui juga, banyak atlit juara renang dulunya adalah penderita asma. Olahraga ini juga meningkatkan hormon adrenalin sehingga para penderita asma lebih mampu untuk bertahan hidup.

Banyak orang yang beranggapan bahwa penderita asma tidak boleh berenang dikarenakan air yang dingin. padahal seharusnya penderita asma berlatih berenang secara teratur di kolam renang . latihan yang terartur dapat membantu sistem pernafasan penderita karena udara di permukaan air baik untuk pernafasan.

Agama Islam bahkan mencatat betapa pentingnya berenang. Nabi Muhammad saw. dalam salah satu haditsnya bersabda, “Ajarilah anak-anakmu berkuda, berenang, dan memanah.” (HR Bukhari dan Muslim).

sekian ulasan dari saya. semoga bermafaat.

by: sonya jp

butterfly coach

Leave a Reply