Teknik dasar pernafasan renang

Teknik dasar pernafasan renang

                Sebelum melakukan gerakan yang sebenarnya terlebih dahulu hendaknya kita memahami terlebih dahulu teknik dasar dalam renang. salah satunya yaitu teknik pernafasan.
Teknik pernafasan bagi mereka yang yang baru menganal olahraga renang, cara untuk mengambil nafas di atas permukaan air dan kemudian masuk permukaan air kemudian membuang sisa-sisa pembakaran melalui mulut . Terutama kebiasaan kita sehari-hari sangat mempengaruhi hal itu. Namun bisa kita berikan latihan-latihan yang teratur, dalam tempo yang relatif tidak lama hal semacam itu mudah untuk di kuasai dengan baik.
Beberapa bentuk pernafasan dapat di berikan sebagai berikut: untuk pemula sebelum masuk air, cobalah terlebih dahulu latihan pernafasan di darat dengan melatih irama cara mengambil nafas melalui mulut dan mengeluarkan sisa pembakaran melalui mulut juga, hingga irama ini bisa di kerjakan secara otomatis.
Kemudian setelah bisa di kerjakan hal di atas, cobalah cara di kerjakan di kolam dangkal atau kolam renang yang memungkinkan seseorang dapat berdiri. Ambilah udara melalui mulut kemudian tutup mulut dan masukan bagian muka ke permukaan air, setelah beberapa saat secara perlahan buanglah sisa pembakaran itu melalui mulut. Kerjakanlah secara berulang-ulang , dimana dengan dilakukan secara berulang-ulang  di harapkan gerakannya bisa di kerjakan secara otomatis dan terbiasa.

teknik dasar renang
teknik dasar renang

                  Beberapa orang cenderung selalu menahan udara saat di dalam air, dan menghembuskan lagi saat berada di permukaan. Ini merupakan teknik bernafas yang keliru dalam renang. Perlu dilatih juga, saat berenang, udara dihirup melalui mulut dan di dalam air dihembuskan melalui mulut. Ini harus dilatih secara perlahan dan berulang-ulang agar selanjutnya dapat terbiasa.

                   Latihan pernafasan ini dapat ditingkatkan dengan memperlama waktu ketika bagian muka berada di bawah permukaan air, setelah jarak waktu di tempuh lanjutkan dengan membuang sisa pembakaran secara perlahan sebelum naik keatas permukaan air. Misalnya ketika di bawah permukaan air diharuskan berhitung hingga 10, kemudian membuang sisa pembakaran dan selanjutkan naik keatas permukaan air untuk mengambil udara kembali.

By : Sri mulyanti (butterfly swimming course)

Incoming search terms:

  • bagaimana latihan teknik pernapasan didalam kolam air
  • dasar belajar renang latihan pernapasan
  • langkah langkah melakukan pernapasan didalam air pada cabang olahraga renang
  • teknik dasar bernafas didalam kolam berenang

Leave a Reply