Permainan air

Sebelum anak diajarkan gaya-gaya renang, terlebih dahulu harus diberikan kesempatan untuk beradaptasi dengan air. tidak semua anak memiliki latar belakang pengalaman beradaptasi dengan air. bagi yang belum terbiasa bahkan tidak pernah sama sekali mencoba aktivitas berenang apalagi jika memliki kondisi mental takut pada air, akan mendapat kesulitan jika diberikan secara langsung materi-materi pembelajaran teknik-teknik renang.oleh karena itu, dalam metode pembelajaran renang khusus, pengenalan air adalah merupakan tahap pertama kali yang harus diberikan kepada anak.

Foto

materi yang tepat untuk tahap pengenalan air adalah permainan air. sebagaimana esensi tujuan permainan adalah untuk mendapatkan kesenangan, kegembiraan, kepuasaan serta kebebasan. demikian pula tujuan permainan air dalam pengenalaan air adalah untuk menumbuhkan rasa senang bagi anakterhadap air. jika perasaan senang sudah melekat pada dirinya, maka akan timbul minat dan motivasi untuk mempelajari keterampilan renang. selain itu melalui permainan proses pembelajaran berlangsung dengan tanpa disadari oleh anak. selama permainan berlangsung, ketika anak terlibat dalam aktivitas permainan, anak dapat merasakan kondisi suhu air, tekanan air, merasaka bagaimana tubuh ketika kepala masuk kedalam air, bergerak di air dan sebagainya.

dalam situasi permainan pembentukan aspek-aspek psikologis juga dapat terlatih secara alami. misalnya pada permainan mengambil barang di dasar air, anaka tidak diajarkan untuk memasukan kepala ke dalam air. namun karena dalam permainan itu berlomba untuk mengambil benda yang letaknya di kedalaman yang tidak dapat diambil jika kepalanya tidak masuk ke dalam air, maka semua anak yang ingin mendapatkan benda terpaksa harus memasukan kepalanya kedalam air. karena dalam situasi yang kompetitif  dan menyenangkan maka rasa takut, cemas dan kurang percaya diri menjadi terlupakan. sehingga kepercayaan diri anak serta keberanian terhadap air tanpa disadari terbentuk.

bentuk-bentuk permainan air bermacam-macam, baik yang tradisional maupun bersifat modern atau sesuai dengan kreatifitas pengajar sendiri sehingga tujuan utama dapat tercapai. misalnya permainan ular naga, kereta api, jala ikan,memburu harta karun dan banyak lagi.

semoga bermanfaat…

by: sonya jp

butterfly coach

Leave a Reply