Memaksimalkan Tendangan Anda Dalam Gaya Bebas

Butterfly Swimming Course
Butterfly Swimming Course

Menurut pendapat saya, perenang sebagian besar (terutama pemula) menggunakan sedikit lebih dari separuh tenaga yang dimiliki ketika menendang. Perenang ini memiliki ketukan ke bawah yang bagus, namun sangan sedikit ketukan keatas. Perenang perlu belajar bagaimana untuk merasakan dan menahan air lebih pada bagian bawah kaki mereka selama tendangan keatas. Berikut ini adalah beberapa latihan yang saya gunakan untuk meningkatkan keterampilan ini. Saya menggambarkan  tendangan yang kuat seperti memeras air dengan kaki. Jika Anda memiliki tendangan yang kuat, Anda bisa mengendalikan tendangan Anda dan melalui lebih banyak air selama pemulihan.

Simak Baca secara fonetik

Latihan menendang

 

Masing-masing latihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan sirip. Saya terutama menyukai tendangan fly up dan tendangan gaya bebas karena mereka meningkatkan kesadaran neuromuskuler dari bagian lemah sebuah tendangan.

Tendangan efisien. Perenang menjulurkan tangan di depan untuk latihan ini, dalam posisi yang efisien di permukaan air. Kepala harus turun, tetapi melihat sedikit ke depan, dan perenang harus bernapas lurus ke depan dengan mengangkat kepala tanpa menghentikan tendangan atau memisahkan tangan. Ini merupakan latihan gaya bebas yang mendasar karena mengajarkan perenang untuk bernapas dan menendang pada saat yang sama (tidak melakukannya adalah kesalahan paling umum yang dibuat oleh anak-anak dan perenang pemula). Tendangan efisien juga bisa dilakukan ketika telentang atau menyamping.

Tendangan fly up. Latihan ini sepenuhnya menekankan menendang ke atas dan mengesampingkan tendangan ke bawah. Perenangmenyelipkan kaki saat masuk ke air, dan menangkap air sebanyak mungkin saat menendang ke atas, kemudian berhenti dan meluncur sebisanya. Latihan ini juga bisa dilakukan dengan tendangan gaya bebas, menggunakan satu kaki untuk seluruh putaran (atau mengubah kaki di tengah lap). Sementara kaki lainnya diam.

Tendangan gaya bebas. Tujuannya adalah untuk melintasi kolam renang sedikit mungkin tendangan. Latihan ini lebih efektif dilakukan di bawah air. jika perenang melakukan tendangan keatas dengan baik, ia dapat memeras air terhadap kaki yang lain selama menendang ke bawah. saya menyebutnya “memeras air lewat belakang”.

Fly kick. Merupakan variasi dari latihan tendangan gaya bebas. Perenang menggunakan tendangan fly kick (lumba-lumba) untuk melintasi kolam dengan sedikit mungkin tendangan.

Tendangan vertikal. Dalam latihan ini perenang menendang di kedalaman dengan posisi tubuh tegak atau vertikal dengan lengan disilangkan di dada. Latihan juga bisa dilakukan dalam posisi yang efisien atau dilakukan sambil menahan beban atau dengan mengenakan ikat pinggang berat.

Barrel Rolls.  Perenang melakukan tendangan gaya bebas sejauh 25 meter di bawah air sambil membuat rotasi lengkap: perut, samping, punggung, samping, perut.

Saya ingin mengakhiri bab ini dengan berbagi beberapa pepatah kakek saya. Kakek saya adalah pelatih bola basket yang sukses di sekolah tinggi di Sacramento, California. Sebelum perlombaan, di beberapa kesempatan dia menonton saya berenang, dia akan berkata kepada saya, “ricky, berenanglah dengan indah!” Menatap matanya saat dia berbicara, saya melihat kedipan. Pada saat itu, saya tidak mengetahui maksudnya, bagaimanapun saya masih berusia 12 tahun. Butuh beberapa tahun untuk menyadari apa maksudnya. dia menunjukkan kepada saya bahwa keindahan merupakan bagian bagian besar dari olahraga atletik. Sekarang, jika saya ingat akan kata-katanya, saya menyadari bahwa dia akrab dengan tarian itu. Dia ingin melihat hal yang indah terjadi.

Rangkuman

 

  • Bangun semangat untuk mengembangkan teknik.
  • Terdapat variasi dalam renang gaya bebas, tidak ada cara tertentu yang benar untuk setiap individu.
  • Renang gaya bebas tradisional memiliki ciri kayuhan panjang, dengan rotasi kaki dan pinggul menyediakan sebagian besar tenaga.
  • Berenang dengan cepat dibangun dari kaki, menggunakan tendangan dengan baik itu ketukan keatas maupun kebawah.
  • Posisi badan harus benar untuk memungkinkan perenang bergerak maju dengan efektif.
  • Pelatih harus menemukan teknik yang cocok untuk perenang, membangun berdasarkan kekuatan individu setiap perenang.
  • Perenang harus bersedia untuk mencoba pola teknik baru.
  • Latihan yang efektif akan meningkatkan tendangan.
  • Jika tendangan digunakan dalam latihan, harus dilakukan nonstop.
  • Teknik yang efektif hanya dapat diajarkan melalui pengulangan terus-menerus.
  • relaksasi adalah salah satu kunci kinerja puncak.

Incoming search terms:

  • belajar renang pemula

Leave a Reply