Manfaat Berenang bagi tubuh

MANFAAT RENANG BAGI TUBUH

Renang Termasuk latihan aerobik yang membutuhkan keterampilan untuk melakukannya. Makanya butuh latihan agar kita bisa berenang.

“Ada tiga manfaat utama renang. Yaitu melatih ketahanan otot, menjaga kesehatan jantung dan paru, serta melatih kelenturan. Saat berenang, otot yang bertugas mengembangkan dan mengempiskan paru akan lebih terlatih sehingga lebih fleksibel. Otot yang fleksibel akan membuat aliran udara berjalan lebih lancar

Gerakan renang yang cukup dinamis jelas bakal melatih otot-otot, terutama di bagian lengan dan kaki. Sedangkan untuk kelenturan, renang bakal melatih sendi karena gerakannya yang cukup luas, apalagi ketika kita menggerakkan tangan untuk mengayuh dan mendorong badan.

Selain itu, latihan renang teratur bisa bikin posisi tubuh kita lebih tegap dan nggak bungkuk.
Dan untuk yang ingin melangsingkan badan, renang terbukti efektif membakar kalori, asal dilakukan dengan benar dan nggak asal main air.

Manfaat les berenang bagi tumbuh kembang anak

Anak-anak biasanya secara alami tertarik dengan air dan kolam renang, apalagi jika mereka sudah tahu betapa menyenangkannya bermain di air. Nah, daripada hanya bermain-main air, lebih baik kamu daftarkan si kecil bergabung di les berenang. Selain kemampuan renangnya menjadi terlatih, ada beberapa manfaat tambahan yang bisa didapat anak untuk tumbuh kembangnya.

Belajar Disiplin

Seperti olahraga lainnya, renang juga bisa mengajarkan disiplin pada anak. Mulai dari hal yang kelihatannya sepele, seperti harus datang tepat waktu, harus bisa menyelesaikan salah satu teknik renang dalam jangkat waktu berapa lama, dan sebagainya. Jika dari kecil anak diajarkan disiplin seperti ini, maka sampai dewasa mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan lebih teratur.

Membentuk Tubuh

Renang nggak hanya membentuk mental dan sikap anak menjadi lebih baik, tapi juga bisa membentuk tubuh mereka. Nggak pernah melihat perenang yang gemuk dan badannya bungkuk. Inilah salah satu manfaat berenang pada anak. Ini dikarenakan renang merupakan salah satu olahraga yang melatih dan membentuk setiap otot di tubuh, sehingga bentuk tubuh menjadi lebih bagus.

Lebih Sehat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa renang merupakan olahraga yang disarankan untuk penderita asma, baik itu anak-anak maupun dewasa.  berenang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru, yang sangat bermanfaat untuk para penderita asma. Selain itu, renang juga merupaka olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung, melancarkan sirkulasi darah, dan membangun kekuatan otot.  pasti jadi lebih sehat.

Olahraga Sepanjang Masa

Di antara sekian banyak olahraga, renang merupakan salah satu yang dapat bertahan sepanjang masa. Jika saat kecil anakmu sudah pandai berenang, maka kemampuan ini akan terus dimilikinya sampai dewasa, bahkan lanjut usia. Jadi bisa dibilang, berenang merupakan investasi anakmu hingga mereka tua.

Menyenangkan!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bermain air merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Jika harus mengikuti kursus renang pun, mungkin mereka nggak akan menganggapnya sebagai sesi belajar, tapi bermain sambil belajar. Siapa sih yang nggak suka menghabiskan waktu berjam-jam di dalam air? Jika anakmu bertanya, mengapa mereka harus mengikuti kursus berenang, jawab saja bahwa kursus tersebut sangat menyenangkan, Bu.

 

Leave a Reply