CARA MENGATASI TRAUMA AIR

apakah trauma air bisa disembuhkan????

TIPS MENGATASI ANAK MERASA TAKUT TERHADAP AIR

Banyak orang belum bisa berenang karena takut terhadap air. Sebagian besar alasan mereka karena takut tenggelam atau trauma pernah tenggelam. Namun apapun alasan anak saran saya mulailah bersahabat dengan air untuk berenang sebab cepat atau lambat manfaat berenang akan mereka dapatkan saat anak mulai bisa berenang. Untuk menghilangkan rasa takut terhadap air, tahap berikut mungkin akan membantu anak agar lebih berani.

Pertama-tama duduklah ditepi kolam dengan memasukkan kedua kaki setinggi mata kaki atau lebih ke dalam air. Gerakan kaki  secara mulai dari perlahan hingga gerakan lebih cepat. Lakukan gerakan ini untuk mengurangi ketegangan anak  saat berada di kolam renang, Ataupun bisa dengan mengajak anak bermain (mebawa mainan yang disukai anak) di kolam yang dangkal yang dimana anak bisa merasakan bahwa kolam tersebut bener-bener dangkal dan terjangkau oleh anak..

berenang sambil bermain
berenang sambil bermain

 

Kedua anak  mulai masuki kolam renang yang dangkal, dan cobalah untuk jongkok atau bisa dibantu pelatih memegang badan anak sampai dagu mencapai permukaan air sehingga anak tersebut masih bisa bernafas. Setelah anak merasa nyaman cobalah berjalan secara perlahan ke tempat yang lebih dalam untuk lebih meningkatkan keberanian anak. Gunakanlah kaca mata renang dan coba untuk memasukan kepala ke dalam air dengan menahan nafas. mungkin untuk pertama kali nya anak akan merasa takut kalau harus memasukan kepala langsung, jadi sebaiknya pelatih memberikan intruksi untuk melakukan nafas hanya mulut saja selanjutnya bisa berlanjut sampai ke hidung, setelah anak merasakan nyaman dan tidak ada kendala sebaiknya dilanjutkan tahap berikutnya yaitu  tahan nafas  dan jelajahi keindahan dalam air ataupun suruh anak melihat barang yang kita perlihatkan di dalam air sampai  anak merasa aman dan nyaman.

Ketiga masih didalam air kolam, mulailah sedikit demi sedikit mengeluarkan nafas  baik melalui mulut dengan gelembung-gelembung kecil. sebaiknya pelatih terlebih dahulu memberikan contoh bagaimana cara mengeluarkan nafas yang benar. Cobalah meningkatkan waktu anak berada dibawah gelembung air yang bertiup. Dengan nafas yang bergelembung akan membuat anak merasa  rileks dan tidak terlalu tegang.

 Bila masih merasa takut ulangi latihan-latihan tersebut di atas sampai benar-benar merasa aman dan nyaman. Ingat air tidak akan jahat terhadap kita, dan jangan berfikir negative tentang hal itu. Jadikanlah air sebagai sahabat anda!!! Selamat mencoba!!!

By : sri mulyanti (butterfly swimming course)

Incoming search terms:

  • cara menghilangkan trauma berenang
  • cara menghilangkan trauma renang

Leave a Reply