Cara Mengajarkan Anak Berenang

Bermain air? Hampir semua anak balita menyukainya, juga berenang. Namun mudahkah mengajari anak berenang? Apa sebenarnya tujuan mengajari anak berenang itu? Ternyata faktor kesehatan anak dan bertujuan untuk mengenalkan dunia baru bagi syaraf motorik balita, pernafasan jantung serta pencernaannya.

mengajarkan anak berenang, diantaranya adalah:

  • Yang pertama, balurkan terlebih dahulu krim atau cairan khusus pada tubuh anak agar terlindungi dari sinar matahari pada kulitnya yang masih peka. Beri kacamata khusus untuk melindungi mata saat berenang. Sebisa mungkin ciptakan perasaan anak senyaman mungkin. Bila ia terlihat masih takut-takut dengan kolam renang, ajaklah anak bermain-main air dulu agar anak bisa beradaptasi dengan air. sebaiknya memakai ban punggung, untuk memastikan diri anak, bahwa resiko tenggelam dengan ban tersebut sangat kecil, hingga anak merasa aman.
  • Mintalah bantuan instruktur renang untuk memberikan contoh gerakan-gerakan yang akan di beriakn kepada anak. mulai lah dari gerakan atau hal-hal dasar yaitu suruh dia berpegangan pada pinggir kolam, dan berilah contoh sampai tubuhnya merasa ringan dan mengembang. Pujilah dengan kata-kata yang penuh semangat, sekecil apapun usaha yang telah dilakukan anak, jangan membentak atau memarahinya, karena itu akan membuat takut anak. Contoh selanjutnya pada kaki yang mengambang pada tubuh yang lurus didalam kolam dalam kondisi telungkup. Mintalah anak meniru gerakan itu, bila anak masih kesulitan bantulah dengan mengangkat perutnya agar lurus, sambil kaki berkecipak dalam air.
  • Mintalah anak membuat gelembung  udara (bubble) dengan cara menghembuskan napas, sambil wajahnya dimasukankan ke dalam air perlahan-lahan, minta anak tarik nafas panjang, upayakan tahan nafas, sambil wajah dan tubuhnya masuk dalam air. Tentu lebih mudahnya Anda memberi contoh.
  • Ajari anak mulai gerakan tangan dan kaki agar mengambang dalam air sekaligus teknik bernafas yang baik dalam air. Ulangi secara sabar gerakan-gerakan yang telah anda ajarkan. Tentu anak tidak sehari langsung bisa, upayakan latihan rutin. Bila Anda sibuk, atau tak bisa mengajarkan sendiri, masukkan anak pada les berenang, namun tetap Anda awasi.

by : Sri M ‘butterfly swimming course”

Incoming search terms:

  • cara mengajarkananak berenang

Leave a Reply