Cara Berenang

cara berenang

cara berenang
cara berenang

 

Kadang ada sebagian dari kita yang takut akan air. Apalagi air yang berada di kolam yang besar. Bagi sebagian orang yang memiliki rasa takut akan air membuat dirinya pusing atau tercengang. Di lain sisi juga orang tersebut malu jika takut akan air dan tidak bisa berenang.

 

cara berenang
cara berenang

Pada dasarnya untuk bisa berenang kita harus berani. Berani masuk ke dalam kolam,berani untuk masuk ke dalam air. Sebagian besar anak-anak, bahkan orang dewasayang belum pernah masuk ke dalam kolam renang biasanya akan menjaditakut/cemas ketika akan masuk ke dalamnya, lebih-lebih bila pernah mengalamitrauma dengan air. Oleh karena itu, hal yang paling pertama harus dilakukan adalah pengenalan terhadap air. Untuk memulainya, beranikan untuk masuk ke dalam air dikolam renang. Mulailah dengan kolam yang agak dangkal, apabila sudah tidak takutterhadap air, bisa mulai ke kolam yang lebih dalam. Namun sebaiknya masih tetapbisa menginjakkan kaki ke lantai kolam renang tanpa tenggelam.

cara berenang
cara berenang

Tahap berikutnya adalah melatih pernapasan kita di dalam kolam. Tentu prosespernapasan tidak seluruhnya di dalam air karena kita adalah manusia, bukan ikan. Disini berlatih kapan mengambil napas dan kapan mengeluarkannya. caranya sebagai berikut:

1. Hirup nafas dalam-dalam

2. Kemudian masukkan kepala ke dalam air

3. Kemudian tiupkan nafas melalui hidung ketika kepala masih di dalam air

cara berenang
cara berenang

4. Setelah itu naikkan kepala ke atas air sambil membuka mulut untuk mengambil nafas.

Lakukan hal di atas berulang-ulang sampai terbiasa dan tidak merasa takut memasukkankepala ke dalam air

Apabila kita sudah terbiasa, cobalah melompat dari tepi kolam kedalam kolam. Guna untuk menambah rasa senagĀ  dan menambah keberanian.

Leave a Reply