BPK SINGGASANA BERSAMA BUTTERFLY SWIMMING COURSE

BPK SINGGASANA BERSAMA BUTTERFLY SWIMMING COURSE

 

10685567_705845012798225_968639468655338534_n

                         SEJARAH BUTTERFLY SWIMMING COURSE

Awal mula dinamakannya perkumpulan renang BUTTERFLY diambil dari nama Species jenis KUPU-KUPU (GAYA KUPU-KUPU) yang memberikan inspirasi akan cintanya BUTTERFLY kepada alam. Budi dan Estha bersama sama mendirikan suatu perkumpulan dengan hati dan cinta maka perkumpulan renang tersebut dinamakanButterfly Swimming Course.

Butterfly Swimming Course adalah suatu organisasi yang bergerak di bidang olah raga renang  prestasi, renang kesehatan, aquarobic dan privat. Renang prestasi adalah pembinaan atlet sejak usia dini dari berbagai macam kelompok umur. Renang Kesehatan adalah renang yang diperuntukkan bagi anak-anak orang dewasa yang bertujuan untuk meningkatkan stamina dan kesehatan dengan program khusus. Aquarobic adalah senam aerobic di air untuk dewasa dengan menggunakan air sebagai media untuk pembentukan otot.

Para pelatih yang berkecimpung dalam Butterfly Swimming Course yang kini berjumlah 10 orang dan sebelumnya pernah mengikuti pelatihan di klub ternama di Bandung sehingga berpengalaman di bidang renang prestasi.

Butterfly Swimming Course didukung pula oleh dokter dan ahli gizi yang professional sehingga bukan hanya latihan fisik akan tetapi didukung juga oleh pola makan yang seimbang dan berkualitas. Butterfly Swimming Course akan memberikan yang terbaik kepada para anggotanya.

MISI DAN VISI

Tujuan jangka pendek melatih para anak-anak agar mempunyai kemampuan untuk beradaptasi di air dan meningkatkan percaya diri, menghargai diri sendiri, dan membangun diri agar tetap bergaya hidup yang sehat. Awal Butterfly Swimming Course dimulai dari pembinaan sejak usia kanak-kanak melalui privat secara professional dengan pelatih yang pernah berprestasi dalam olah raga renang.

Tujuan jangka panjang menjadikan atlet renang prestasi dan akan menjadi kebanggaan dirinya sendiri, membangun tiap individu menjadi manusia yang berguna dalam masyarakat dan bangsa. Butterfly Swimming Course merupakan suatu wadah yang positif, untuk menyalurkan kreatifitas terutama kepada anak-anak yang hiperaktif, untuk menghindari kelakuan anak-anak modern dari hal-hal yang negatif.

METODE KEGIATAN

Privat

Memperkenalkan olah raga renang khusus untuk mereka yang belum bisa berenang. Pada kelas ini mereka akan diajarkan secara bertahap untuk belajar berenang dengan gaya yang baik dan benar, sehingga dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan proporsional. Gaya yang akan diberikan kepada para peserta privat terdiri dari empat gaya yaitu Dada, Bebas, Punggung, Kupu disertai dengan pengambilan nafas yang benar. Latihan yang diberikan 1-3 kali seminggu.

Adapun tahap yang diberikan pada saat privat :

  1. penyesuaian diri terhadap air dan kolam renang diantaranya pengaturan nafas, mengambang dan meluncur.
  2. Gerakan propulsive kaki/tangan dengan posisi tubuh di dalam air.
  3. Berenang dengan koordinasi gerakan kaki/tangan/nafas dengan posisi tubuh di dalam air.

Metode dan Standar latihan :

  1. belajar pernafasan dalam air
  2. belajar mengambang
  3. belajar meluncur
  4. gerakan kaki
  5. koordinasi kaki dan nafas
  6. gerakan tangan
  7. koordinasi tangan dan nafas
  8. koordinasi kaki/tangan/ nafas
  9. stroke
  10. renang 50 m

Untuk menjaga nilai kualitas dan kerja yang profesional, staff pengajar merupakan pelatih yang tergabung dalam Butterfly Swimming Course.

Renang Prestasi

Renang prestasi  Butterfly Swimming Course dilatih oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidangnya. Renang prestasi sebaiknya didukung pula oleh pola makan sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok umur dan tingkat kemampuan. Metode latihan yang diberikan kepada para atlet dapat dilihat dalam tabel berikut ini :

Kelompok

latihan

Tingkat kemampuan Batas

umur

Jml latihan

/minggu

Durasi per

latihan

Dasar Private Pemula/dasar 3-6 tahun 1-3 kali 1 jam
Kelas Bisa 1 gaya 3-15 tahun 1-3 kali 1 jam

Dasar Private

Memperkenalkan olah raga renang . Program latihan yang diberikan diantaranya trik-trik khusus untuk berenang dengan baik dan benar ,pertandingan termasuk Start, Pembalikan, Finish, taktik untuk jarak pendek dan panjang, serta membangun mental untuk bertanding. Latihan yang diberikan untuk meningkatkan stamina dengan jadwal latihan 1-3 kali seminggu.

Tujuan akhir dari Tim Prestasi I diantaranya :

  1. Menguasai 4 gaya : Gaya Bebas, Gaya dada, Gaya Punggung, Gaya Kupu-kupu
  2. Sanggup melakukan keempat gaya tersebut untuk jarak 50 m.

Metode dan standar latihan :

  1. kelenturan
  2. teknik gaya
  3. start dan pembalikan
  4. pace clok dan interval
  5. stamina
  6. kecepatan dengan teknik baik
  7. standar endurance 8 x 100 fr. 2.00/1.50

Kelas

Program latihan di kelompok ini mengutamakan pemolesan dasar teknik renang start dan pembalikan. Selain itu meningkatkan stamina latihan untuk kecepatan dan ketahanan strength otot, pace clock, dan penggunaan alat. Tim ini akan diikutsertakan dalam pertandingan-pertandingan antar perkumpulan. Tujuan akhir dari Kelas diantaranya :

  1. Sanggup melakukan renang dengan jarak 100 m untuk keempat gaya dan mampu melakukan 400 m gaya ganti.
  2. mampu melakukan latihan 16 x 100 m dengan fr 1.50-1.40

Metode dan standar latihan :

  1. heart rate / nadi
  2. race pace
  3. standar endurance 10 x 100 fr. 1.40 / 1.50

Aquarobic dan Kids Aquarobic

Aquarobic bertujuan untuk mencegah osteoporosis dan memperingan fungsi kerja tulang belakang pada saat melakukan aktifitas karena air dapat membantu menahan daya gravitasi bumi pada saat melakukan gerakan impuls (loncatan). Diperuntukkan bagi dewasa dan manula yang aktif.

Kids aquarobic bertujuan untuk mensosialisasikan dunia air pada anak- anak sejak usia dini sehingga mampu beradaptasi dengan air. kegiatan ini mencakup permainan, pengaturan nafas di air, gerak dan tari menggunakan musik. Mengajarkan anak-anak untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya.

Renang Kesehatan

Renang kesehatan bertujuan agar setiap inti dari gerakan renang dapat dimaksimalkan untuk membentuk stamina. Peserta juga diarahkan untuk melakukan gaya dengan baik dan benar, pernafasan yang benar dengan interval waktu tertentu yang disesuaikan dengan karakter individu masing-masing. Renang kesehatan baik untuk dewasa dan manula yang memiliki gangguan tulang belakang. Renang ini juga baik bagi orang-orang yang tidak boleh berolah raga berat.

LAIN – LAIN

Bersama ini kami dari Butterfly Swimming Course dengan tulus hati mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada pendukung Butterfly Swimming Course secara moril dan materil :

  • d’GROOVE SPORT AND WELLNESS CENTER
  • OPELON Body Wear sebagai sponsor baju renang Club
  • PT ISTANA KENTEN INDAH (PALEMBANG)
  • Toko YOYO SPORT
  • Rully Sjambali, dr, Sp. GK, FCN (Institusi Nutrisi Klinik R.S. Immanuel)
  • Shelly, dr selaku dokter KONSULTASI
  • Kolam renang Singgasana Sport Center
  • Kolam renang Tirta Adipura
  • Orang tua murid
  • Orang-orang yang telah mendukung Butterfly Swimming Course yang namanya tidak bisa disebutkan satu persatu.

BUTTERFLY SWIMMING POOL

PERUMAHAN MEKAR WANGI

( BANDUNG )
JL TAMAN MEKAR ABADI 1 NO 36a

BUTTERFLY SWIMMING COURSE
Estha natalina, ST : 081320111868
PIN BB: D0A0B30A

 

Leave a Reply