Berenang ampuh atasi cedera

Berenang ampuh atasi cedera

Berenang ampuh atasi cedera
Berenang ampuh atasi cedera

Bukan lagi hal baru bahwa berenang adalah olahraga yang menyehatkan. Tak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga pernapasan dan pikiran. Belakangan diketahui bahwa berenang juga bisa menjadi cara untuk mengatasi cedera pada beberapa bagian tubuh.

1. Static stretching. Ini adalah tahap pemanasan sebelum berenang. Berdirilah di pinggir kolam renang. Angkat satu kaki setinggi dada dan tahan beberapa detik. Kemudian lakukan yang sama dengan kaki yang lain. Ulangi gerakan ini selama delapan kali secara bergantian.

2. Stretching pada punggung. Gerakan ini untuk mengatasi cedera punggung. Berdiri tegak, tarik badan ke belakang, dan tahan selama beberapa detik.

3. Stretching pada pinggang. Berdiri tegak, lalu condongkan atau miringkan tubuh ke kanan dan ke kiri. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan selama beberapa kali. Gerakan ini mengatasi cedera pinggang.

4. Berdiri tegak, lalu tangan kiri diangkat dan ditekuk ke belakang. Tahan dengan tangan kanan selama beberapa detik. Kemudian lakukan dengan tangan kanan dengan cara yang sama. Lakukan selama beberapa kali. Gerakan ini mengatasi cedera tangan.

5. Gerakan selanjutnya adalah berjalan di dalam kolam renang. Tangan digerakkan hingga membuka keluar secara penuh. Lakukan selama berjalan di dalam kolam. Gerakan ini pun berguna untuk mengatasi cedera tangan.

6. Kemudian berenanglah dengan gaya dada. Gerakan itu dapat mengatasi cedera tubuh.

7. Tangan bertumpu pada pinggir kolam renang. Tahan tubuh hingga selurus mungkin. Lalu angkat kaki ke atas permukaan air dan turunkan. Lakukan berulang-ulang. Gerakan ini berguna untuk mengatasi cedera kaki.

8. Selama berada di dalam kolam, tarik napas panjang dan hembuskan melalui hidung.  Lakukan berulang kali. Ini adalah gerakan terapi pernapasan.

9. Selanjutnya lakukan set meluncur berulang kali.

Leave a Reply