Belajar Renang untuk Pemula

Belajar Renang untuk Pemula
Belajar Renang untuk Pemula

Berenang adalah salah satu jenis olahraga air yang dilakukan dengan tanpa menggunakan alat bantuan apapun. Selain menyenangkan, olahraga renang sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Karena dengan berenang, seluruh tubuh kita akan di tuntut untuk bergerak.

Berenang merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari diseluruh dunia. Manfaat melakukan olahraga renang adalah dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan rileks. Tetapi tidak sedikit orang yang tidak dapat melakukan olahraga ini. Dan Berikut ini adalah tips – tips belajar olahraga renang untuk para pemula :

Belajar Renang untuk Pemula
Belajar Renang untuk Pemula
  1. Pemanasan
    Pemanasan sebelum renang adalah bertujuan untuk mengurangi risiko kram pada anggota tubuh saat di dalam air. Kegiatan pemanasan tidak boleh pernah terlewat karena dengan melakukan pemanasan, otot – otot pada tubuh kita akan menjadi rileks.
  2. Pakaian Renang
    Sebelum anda berenang, sebaiknya anda memilih pakaian yang cukup elastis serta dapat membuat tubuh anda menjadi hangat karena saat didalam air, suhu tubuh anda akan dengan cepat menurun.
  3. Gerakan Bertahap
    Sebelum anda benar – benar berenang, sebaiknya anda melakukan latihan terlebih dahulu. Kegiatan ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kram pada otot saat didalam air.
  1. Istirahat
    Istirahatlah selama 15 sampai 20 detik setelah anda berenang sebanyak 4×50 meter. Tujuan istirahat ini adalah agar tubuh anda tidak merasa kelelahan.

Anda akan mendapatkan manfaat yang sangat optimal dari olahraga ini serta dapat terhindar dari cedera yang tidak diinginkan setelah melakukan langkah – langkah yang seperti di sebutkan diatas.

Leave a Reply