Belajar Berenang Bisa Mempererat Ikatan

Belajar Berenang Bisa Mempererat Ikatan
Belajar Berenang Bisa Mempererat Ikatan

Berenang memiliki banyak manfaat, memberi kebebasan bergerak, memperkuat jantung dan paru-paru serta membentuk postur tubuh.

Selain itu, belajar mengambang di air sejak kecil tidak hanya bermanfaat untuk fisik dan motorik anak. Melainkan juga dapat membantu mengembangkan hubungan anak dengan orang tuanya. Hal yang sangat berharga hingga anak dewasa.

Berenang dan permainan di air merupakan kegiatan yang sesuai untuk membangun ikatan cinta, kepercayaan dan komunikasi antara Anda dan si kecil. Pasalnya saat dalam kandung bayi berada dalam cairan ketuban selama 9 bulan dimana mereka merasa nyaman dan hangat. Oleh karena itu bayi lahir dengan kemampuan instingtif untuk bergerak di bawah air. Mereka umumnya tidak takut air.

Hingga usia sekitar empat bulan, bayi mempunyai “refleks menyelam” yang mencegah mereka menelan air. Itu sebabnya di usia ini anak lebih mudah belajar berenang. Saat otak anak berfungsi dengan baik, refleks itu akan hilang sehingga mereka harus belajar lagi cara menahan napas di bawah air.

Belajar Berenang Bisa Mempererat Ikatan
Belajar Berenang Bisa Mempererat Ikatan

Untuk memulainya Anda bisa memperkenalkan si kecil cara mengambang di bak mandi rumah. Pastikan dulu air cukup hangat dan siapkan handuk.

  • Peluk si kecil dengan posisi menghadap ke depan, letakkan kepalanya di dada Anda dan bagian tubuh lain di air agar ia belajar rileks.
  • Saat ia sudah terbiasa, duduk dan topang tubuhnya di bagian perut di air. Pegang dadanya dengan tangan Anda, kepala di luar, tubuh di air, dagunya di pergelangan tangan Anda dan biarkan ia mengambang. Lalu dengan lembut dan perlahan, tarik tubuhnya mendekat dan menjauh dari Anda secara bergantian.

Leave a Reply