belajar berenang bagi dewasa

Belajar Berenang Bagi Dewasa

belajar berenang bagi dewasa
belajar berenang bagi dewasa

Apa iya orang dewasa tidak akan mampu meningkatkan kemampuan berenangnya? Sebenarnya, jika ada orang-orang yang ketika dewasa mampu melatih dirinya menjadi fitness buff dengan six pack-nya, mestinya hal yang sama dapat berlaku di dunia renang. Baik untuk laki-laki maupun perempuan. Hanya saja, masih agak susah cari personal trainer di kolam renang daripada di gym barangkali ya.

OK, bagaimana berenang lebih baik ketika kita sudah jadi orang dewasa?

A. Temukanlah alasan yang paling tepat

Banyak dari teman  yang saya temui di kolam renang, berenang karena alasan kesehatan. Karena kata dokter dan kata media massa, renang adalah olahraga terbaik untuk kesehatan, maka mereka berenang.

Sebenarnya, dilihat dari perilaku banyak rekan yang punya alasan ini untuk berenang, cara berenang mereka seringkali justru mengakibatkan bentuk tubuh mereka berubah mekar ke mana-mana. Lalu, timbul asumsi bahwa berenang itu bikin gemuk. Ya gimana ngga bikin gemuk, berenang satu lebar kolam, istirahat, minum yang manis-manis. Berenang satu lebar kolam selanjutnya, lalu ngobrol dan ngrokok dulu. Berenang satu lebar kolam berikutnya, dilanjutkan dengan makan snack berat seperti hamburger atau es krim.

Alasan berenang demi kesehatan ada baiknya ditaruh di prioritas nomor dua, atau malah sebagai keuntungan tambahan yang diperoleh dari berenang.

Believe it or not, motivasi pertama saya untuk bisa berenang lebih baik adalah supaya tidak dicolek-colek cowo di kolam renang. Saat itu, bagi saya, berenang di kolam renang umum amatlah menakutkan. Sexual harrassment selalu terjadi kapan saja saya atau teman-teman wanita di sekolah masuk ke kolam. Timbul pemikiran, kalau saya bisa berenang lebih baik dari 50% laki-laki yang berendam di kolam umum, saya yakin sexual harassment tidak akan terjadi pada diri saya. Betul juga, sejak saya menunjukkan rasa percaya diri yang lebih di kolam renang, tidak ada lagi pelecehan yang terjadi.

Motivasi lainnya yang pernah saya pakai untuk bisa tetap rajin ke kolam beberapa kali dalam seminggu adalah berenang di kolam itu jauh lebih murah daripada menghabiskan waktu di mal. Ini sangat efektif pada saat krismon atau pada saat saya harus berhemat habis-habisan. Jika kita dapat menciptakan renang sebagai kegiatan yang menyenangkan, maka…betul deh, kita tidak akan terlalu merindukan mal lagi lho.

Motivasi yang tidak kalah kuatnya adalah ketika kita bertekad untuk meningkatkan kemampuan stamina. Ada macam-macam kegiatan dimana kita harus memiliki stamina yang lebih dari normal. Misalnya mau naik haji atau bepergian jauh lainnya. Motivasi saya dulu itu adalah trip menyelam yang saya lakukan dua bulan sekali. Dengan rajin berenang, saya tidak pernah sakit pilek selama dua tahun berturut-turut, dan bisa menyelam kapan saja saya mau.

B. Gunakan peralatan yang terbaik

1. Kacamata renang

Kacamata renang atau goggle (bacanya go-gel, bukan guu-gel seperti pada Google.com). Kacamata renang menambah daya tahan kita di kolam. Mata perih selalu menjadi alasan untuk berhenti berenang lebih dini.

  • Carilah model yang benar-benar tidak mudah bocor. Jika karet bingkai goggle mudah dilepas dan mudah pula dipasang kembali pada lensa goggle, bisa dipastikan bahwa goggle tersebut mudah bocor. Jangan ragu-ragu mencoba lepas-pasang lensa goggle dari bingkai karetnya di tokonya langsung
  • Cari yang model bingkai gogglenya pas menempel pada tulang rongga mata kita. Jangan ragu-ragu untuk mengeluarkan goggle dari bungkusnya dan mencobanya saat membeli goggle di toko.
  • Jika Anda mengenakan kacamata minus di kesehariannya, carilah goggle dengan lensa minus, dan rasakan bedanya. Merk “View” biasanya menyediakan pilihan minus yang cukup luas dibanding “Speedo”.
  • Jika Anda lebih sering berenang di kala matahari bersinar terik, carilah goggle dengan lensa gelap. Jika Anda lebih sering berenang di malam hari, carilah goggle dengan lensa relatif lebih terang (agak sulit mencari goggle dengan lensa minus yang bening tidak dari jenis tinted lens)

2. Baju dan Topi renang

Maaf, saya tidak bisa bicara banyak tentang celana renang, karena saya tidak ada pengalaman langsung tentang celana renang. Lagipula, belum pernah saya bertemu cowo yang dengan panjang lebar membahas celana renangnya pada perenang wanita di sebelahnya.

  • Baju renang yang menunjang kemampuan renang adalah baju renang yang modelnya streamline, tidak mengganggu arus air yang menerpa tubuh ketika berenang.

    belajar berenang bagi dewasa
    belajar berenang bagi dewasa
  • Baju renang yang serasa mau lepas dari badan, ketika dibawa ngebut berenang, jelas amat mengganggu konsentrasi. Jadi lupakan bikini tali.
  • Baju renang yang sulit dikenakan dan sulit dilepaskan, biasanya justru paling smooth kalau dibawa ngebut.
  • Jika ombak dengan mudah keluar masuk dari bagian dada, beli baju baru saja.
  • Sedapat mungkin cari baju renang dengan jenis kain yang lebih cepat kering dari kain baju renang lainnya. (Ini salah satu sebab mengapa perenang pro lebih menyukai brand name seperti Speedo & Tyr)
  • Cari baju renang dengan bra yang sesuai dengan contour tubuh. Jika branya malah suka “jalan-jalan”, go braless.

Fungsi topi di sini sama, mencapai bentuk streamline, sehingga berenang lebih mudah dan lebih cepat.

  • Topi renang, gunanya bukan untuk menjaga supaya rambut tetap kering. Mau pakai topi berbahan dan bermodel aja juga, rambut akan tetap basah.
  • Topi renang menjaga tali goggle tidak nyangkut di rambut.
  • Jika Anda memakai waterproof MP3 player, topi renang membantu earpiece tetap terkunci dalam lubang telinga Anda.
  • Saya pribadi tidak begitu menyukai topi renang dari bahan silicon karena sakit dipakainya. Buat saya pribadi, topi renang dari bahan baju renang lebih nyaman dipakai, walau keringnya lebih lama.
  • Dalam memakai topi renang, daun telinga masuk di bawah topi renang.

3. PERALATAN RENANG LAINNYA

SEPATU KATAK/FINS, untuk meningkatkan kekuatan lower torso.

  • Untuk pemula, gunakan sepatu katak closed heel yang biasanya ukurannya relatif lebih kecil dari fins lainnya.
  • Jika Anda tertarik snorkeling dan scuba diving, tidak ada salahnya seminggu sekali berlatih dengan open heeled fins Anda di kolam renang.
  • Dan jika Anda tertarik dengan cabang olahraga apnea atau serius ingin melatih lower torse secara lebih extreme, coba berenang dolphin style menggunakan monofin.
  • Oh ya, jika Anda berlatih dengan fin, ada baiknya Anda berenang di kolam dengan ukuran tidak lebih kecil dari olympic, karena satu kibasan kuat dengan sepatu katak bisa buat Anda meluncur 1 meter sendiri, atau lebih.

SWIM PADDLE, untuk meningkatkan kekuatan upper torso.

Semakin besar ukurannya, semakin berat pemakaiannya. Jangan ragu-ragu memulai dengan menggunakan ukuran untuk anak kecil. Tidak banyak Anda temukan pengguna swim paddle di kolam-kolam umum. Biasanya yang pakai ini memang yang benar-benar serius melatih upper torso-nya.

SWIM BUOY, selain untuk meningkatkan upper torso, ini juga digunakan untuk melatih putaran panggul pada gaya bebas. Ada tiga jenis swim buoy.

  • Pertama bisa berbentuk papan renang biasa, yang digunakan orang-orang yang baru belajar berenang.
  • Jenis kedua, dari gabus lapis biru/putih berbentuk seperti angka 8 yang tebal.
  • Jenis terakhir, saya belum pernah lihat yang ini di toko-toko olahraga di Indonesia, terdiri dari dua silinder yang dihubungkan oleh dua tali.
  • Apapun modelnya, penggunaannya sama, yaitu untuk dijempit di paha, saat berenang, sehingga perenang hanya berenang menggunakan kedua lengannya.
belajar berenang bagi dewasa
belajar berenang bagi dewasa

WATERPROOF RADIO atau MP3 PLAYER guna mengurangi kebosanan berada di dalam air. Speedo mengeluarkan produk ini, namun kapasitasnya masih di bawah merk Lavod, buatan Cina yang punya model 2 & 4 GB. Atau lengkapi MP3 player Anda dengan waterproof casing dan waterproof earphone.

WATERPROOF COUNTER untuk menghitung sendiri jumlah panjang kolam yang telah Anda lalui. Dapat berbentuk cincin atau fitur dari arloji sport. Timex adalah salah satu produsen arloji sport dengan fitur ini.

FREESTYLE SNORKLE adalah snorkel buatan Finis, Inc. yang khusus untuk latihan gaya bebas, supaya perenang tidak perlu mengambil nafas pada saat berenang.

EAR PLUG (waterproof earphone tidak berfungsi sama dengan ear plug lho) berguna mencegah telinga kemasukan air.

PENJEPIT HIDUNG (sorry, saya lupa nama resminya apa) guna mencegah hidung kemasukan air. Namun alat ini lebih banyak digunakan di renang indah, tidak pada perenang biasa

Tentu saja ada banyak lagi peralatan yang digunakan atlet-atlet renang dalam berlatih, namun bagi yang berenang sendirian, peralatan yang tertera di atas sudah cukup rumit.

C. CARI ILMU BERENANG YANG BENAR

1996-1998 saya suka buka situs-situs berenang dan mempelajari sendiri gerakan-gerakan renang yang tepat. Waktu itu belum ada YouTube. Semua dipelajari dari tulisan-tulisan dan ilustrasi tangan di beberapa situs renang.

Sekarang semua sudah semakin dimudahkan. Coba gali-gali sedikit di YouTube dengan keyword :

  • learning to swim
  • free style swimming
  • breast stroke swimming
  • dsb

Belum lama ini saya bahkan menemukan video-video belajar dasar-dasar synchronized swimming yang lumayan lengkap dan jelas di YouTube.

D. CARI TEMAN BERENANG YANG COCOK

Kata kunci di sini adalah “berenang”. Bukan:

  • teman mengobrol
  • teman makan
  • teman berangkat renang
  • teman di kamar mandi, untuk dipinjami shampo, sisir dlsb.
belajar berenang bagi dewasa
belajar berenang bagi dewasa

Yang dimaksud dengan teman berenang di sini adalah teman dengan kemampuan renang yang kurang lebih setingkat, sehingga dapat dibuat partner latihan. Jika sudah warming up, tidak ada salahnya Anda mengadakan tanding renang jarak menengah, misalnya 400-500 meter nonstop. Yang kalah yang stop duluan, megap-megap kecapean. Hehehehehhe.

Teman yang kemampuan renangnya di atas kemampuan kita, bukan partner latihan yang cocok. Jika kemampuan renang setingkat, maka terjadi nafsu untuk berkompetisi secara sehat, sehingga kemampuan kita sedikit demi sedikit menanjak, setiap kali kita berenang.

Namun jangan pernah tergantung dengan jadwal renang rekan Anda. Tunggu-tungguan dalam berenang, adalah resep manjur untuk menghancurkan kemampuan renang yang sudah kita raih berminggu-minggu.

E. CARI KOLAM RENANG YANG DEKAT

Bisa dekat rumah, atau dekat kantor. Mudahkan jalan kita menuju kolam renang. Itu saja.

Incoming search terms:

  • macam-macam teknik renang

Leave a Reply