belajar berenang

berenang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di air. renang banyak disukai oleh banyak orang terutama anak kecil yang senang bermain-main dengan air. berenang biasanya dilakukan orang untuk rekreasi dan olahraga. berenang dapat dilakukan di kolam renang, pantai, laut, dan lain-lain. untuk dapat melakukan gerakan renang, tentu saja harus ada pembelajarannya terlebih dahulu. untuk belajar berenang ada tahap-tahap yang harus dketahui. berikut tahapan pembelajarannya sebagai berikut :

1. nafas; untuk melatih nafas dapat dilakukan dengan cara mencoba meniupkan di dalam air sehingga keluar gelembung udara. cara mengambil nafas pada saat berenang biasanya melalui lewat mulut kemudian dikeluarkan lewat hidung.

2. mengambang; hal ini penting dilakukan agar seorang yang berenang dapat mengambangkan badannya di air tanpa tenggelam. untuk pemula,cara belajar mengambang bisa dilakukan dengan cara meemluk lututnya kemudian membiarkan badan terapung didalam air. gunakan kolam uang dangkal terlebih dahulu.

3. gerakan kaki; agar dapat berenang seseorang harus dapat menggerakan kakinya sesuai gaya yang akan dilakukan. gerakan kaki ini harus benar dilakukan karena apabila gerakannya salah maka badan tidak akan maju.

4. gerakan tangan; gerakan tangan juga dilakukan sesuai gaya yang akan dilakukan.

setelah menegetahui tahapan-tahapan yang dilakukan pada saat berenang, berikut macam-macam gaya renang.

a. gaya bebas; adalah berenang dengan posisi dada menghadap permukaan air. dengan gerakan tangan berputar jauh kedepan secara bergantian dan gerakan kak imencambuk naik turun ke atas dan kebawah. pernafasan dilakukan dengan cara menengokkan kepala ketika salah satu lengan mengangkat ke atas dmana pada saat posisi badan miring. perenang boleh mengambil nafas dari kanan atau kiri.

renang gaya bebas

 b. gaya dada atau katak merupakan gaya yang santai untuk dilakukan. gaya dada dilakukan dengan posisi badan mengahadap ke permukaan air dengan posisi tangan membelah air dan menarik ke arah dada sehingga badan dapat naik ke atas. sedangakan kaki digerakan dengan menekuk kedua lutut kemudian menendangkan kaki dimana gerakannya seperti gerakan katak.

c. gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

 

d. gaya kupu-kupu; berenang dengan posisi dada menghadap ke bawah, kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke belakang, dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan di atas permukaan air.Pada saat tarikan tangan ke belakang, kedua belah kaki secara bersamaan menekan ke bawah. Gerakan kaki dan tangan ini dilakukan untuk mendorong badan bergerak ke depan (atau ke atas permukaan air untuk mengambil nafas). Pada saat kepala masuk kembali ke dalam air, tangan mengikuti masuk, dan kaki kembali menekan ke bawah.

demikian penjelasan mengenai belajar berenang, semoga bermanfaat ^_^

 

Leave a Reply