belajar berenang

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. berenang dilakukan untuk keperluan rekreasi dan kompetisi di kolam renang. untuk melakukan berenang inilah diperlukan tahap pembelajaran. belajar berenang bertujuan untuk mempelajari gerakan yang dilakukan sewaktu bergerak di air. dimulai dari pembelajaran pada tahap dasar sampai tahap mempelajari gaya-gaya dalam berenang. yang dipelajari pada tahap dasar adalah teknik pernafasan dalam air selanjutnya mempelajari cara mengambang di air. setelah menguasai teknik dasar dalam berenang dilanjutkan pada tahap mempelajari gaya-gaya dalam berenang. dimulai dari gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan gaya kupu-kupu.

1. gaya dada

gaya dada merupakan gaya yang populer untuk renang rekreasi. posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di atas air dalam waktu yang cukup lama. posisi badan lurus dan dada menghadap kepermukaan air, lengan lurus kedepan. kedua kaki menendang ke arah luar kemudian setelah selesai gerakan kaki dilanjutkan dengan gerakan tangan dibuka ke samping seperti membelah air bersamaan dengan kepala mengangkat ke atas keluar dari air untuk mengambil nafas.

2. gaya bebas

 

Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. pernafasan  dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil nafas , perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. gaya bebas merupakan gaya yang membuat badan melaju lebih cepat didalam air.

3. gaya punggung

 

Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. gerakan kaki gaya punggung sama dengan gaya dada namun posisi badan terlentang. wajah dan badan menghadap ke atas sehingga mudah untuk membuang dan mengambil nafas baik melalui mulut ataupun hidung. gerakan tangan seperti grakan mengayuh kebelakang

4. gaya kupu-kupu

 

Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba.  Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut  dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

 

Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan. semoga sedikit penjelasan tadi dapat membantu anda dalam mempelajari renang.

 by: sonya jp

butterfly coach

 

Leave a Reply