belajar berenang

belajar berenang adalah aktivitas gerak yang dilakukan dengan menggunakan interaksi dengan air. dimana aktivitas ini semua anggota tubuh melakukan gerak.dari mulai kepala,tangan dan kaki. berenang merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dimana selain olahraga juga kita bisa sambil melakukan aktivitas bermain. adapun tujuan dari berenang tersebut adalah menggerakan anggota tubuh di dalam air.

pembelajaran renang dimulai dari tahap dasar yaitu pengenalan air terutama untuk unak-anak  hal ini biasanya dilakukan bagi anak yang pertama kali belajar renang, tujuannya adalah agar anak tidak  merasakan takut saat berinteraksi dengan air. selanjutnya tahap pembelajaran berenang yaitu cara meniup didalam air, diamana cara meniup dalam pembelajaran renang ini pengambilan pernafasan dihirup melalui mulut dan dikeluarkan kembali di dalam air menggunakan mulut juga yang selanjutnya bisa dikoordinasikan dengan gerak kaki yang mana pada tahap tersebut bertujuan untuk memasuki gaya dalam berenang.

 

belajar berenang
belajar berenang

adapun tahapan gaya dalam berenang yaitu gaya dada dimana pengertian gaya dada yaitu menarik  kedua kaki mendekati pinggul, kedua paha agak terbuka, putar pergelangan kaki menghadap kaluar dan siap mendorong ,Dorongkan kedua kaki secara bersamaan ke belakang agak menyamping hingga  di bawah permukaan air.

belajar berenang
belajar berenang

 

pada tahap gaya dada ini gerakan dilakukan satu per satu dimana gerakan kaki dan gerakan tangan tidak dilakukan secara bersamaan.sebelum melakukan gerakan yang sebenarnya terlebih dahulu dibantu dengan menggunankan pelampung yang dibantu oleh seorang instruktur . hal ini akan membuat anak merasa nyaman.

by : sri mulyanti (butterfly swimming course)

Leave a Reply