Anak belajar Berenang

Hampir semua anak menyukai air. Mereka suka berlama-lama ketika bersentuhan dengan air. Bahkan saat hujan turun, anak Anda barangkali salah satu yang sangat berkeinginan untuk hujan-hujanan. Karena khawatir sakit, orang tua kerap melarang. Padahal saat mereka menyukai air, itu menjadi salah satu petanda bahwa dia juga akan menyukai ketika Anda mengajarinya berenang.

Mengajari Anak Anda Berenang. Berenang adalah salah satu life skill atau keahlian yang diperlukan dalam hidup. Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, berenang dapat memberi kecekatan gerak tubuh. Juga bisa mengajari keseimbangan tindakan, karena berenang yang benar setidaknya menjaga harmonisasi gerak tangan, tubuh dan kaki. Dengan berenang juga akan memberi manfaat untuk asupan pertumbahan anak. Kesehatan alat pernafasan juga akan terjaga.

belajar berenang

belajar berenang

Lalu, banyak orang tua bertanya-tanya bagaimana cara mengajarkan anak berenang ? Perlu Anda  diketahui, sejak baru lahir, bayi sebenarnya sudah bisa diajarkan berenang. Pasalnya selama sembilan bulan berada di perut ibu, bayi sudah terbiasa dengan air (ketuban). Namun, yang Anda perlu lakukan adalah adalah mengenalkan pada anak Anda kecintaan pada air. Caranya dengan menepuk-nepuk air, mencipratkan air atau bermain balon berwarna-warni di air.

Ketika memperkenalkan anak pada air, Anda harus memastikan anak dalam rengkuhan Anda. Saat ini juga telah banyak dijual peralatan berenang khusus anak. Dengan alat tersebut, anak akan tetap tenang dan aman saat bermain dan belajar renang. Yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan mencoba mengajari anak Anda menyelam sebelum menginjak usia 3 tahun. Karena sangat mungkin dia akan menelan air saat menyelam. Dan itu sangat berbahaya, karena tegukan air bisa jadi membawa zat-zat berbahaya ke dalam tubuhnya.

Ketika anak memasuki usia 2-3 tahun, Anda bisa membantunya berenang dengan memasang rompi pelampung, pelampung di pinggang dan lengannya. Namun, pengawasan Anda tak bolah Anda abaikan. Baru setelah memasuki usia 4 tahun anak bisa diajari berenang. Karena pada usia ini, anak mulai bisa mengapung dan menyelam dalam beberapa detik.

belajar berenang

belajar berenang

jika Anda saat ini berkeinginan untuk mengajari si kecil berenang, ada beberapa cara atau tips yang harus Anda diperhatikan:

  1. Pastikan mood Anda sedang bagus saat mengajarkan anak berenang. Ini penting, karena kerapkali anak banyak tingkah saat bersentuhan dengan air. Atau dia takut dengan air. Karena itu, Anda harus jadi lebih sabar. Pastikan Anda ada di dekat mereka. Buatlah sedemikian rupa agar anak senang berada di dalam air.
  2. Sebagai langkah awal, ajak si Kecil bermain-main di pinggir kolam dulu. Sedikit demi sedikit ajak ke kolam yang lebih dalam. Dalam setiap tahapan, ingatlah selalu untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Misalnya memerciki wajahnya dengan air atau bermain siram-siraman.
  3. Setelah kepercayaan diri anak sudah meningkat, Anda boleh mencoba gerakan yang lebih sulit. Tengkurapkan anak, sanggah badannya dengan kedua tangan Anda. Minta dia melebarkan lengan seolah-olah menjadi pesawat. Setelah itu, tingkatkan kesulitannya. Pegang ketiak anak dengan dua tangan dan biarkan kakinya bergerak-gerak sendiri. Dengan begini, sedikit-sedikit anak belajar cara mengapung.
  4. Soal mengapung, sebenarnya ini kemampuan yang dimiliki manusia secara alami. Anda bisa mengajari anak dengan menelentangkan badan mereka di kolam setinggi pinggang. Biarkan beberapa saat sampai anak merasa nyaman dengan posisi itu. Begitu sudah nyaman, dalam posisi yang sama, minta mereka melengkungkan punggung. Lalu perlahan-lahan, jauhkan tangan Anda dari punggung anak. Siap-siap membantu jika anak panik dan ketakutan.
  5. Jika anak sudah pintar mengapung di air, saatnya melepas pegangan tangan Anda pada tubuhnya. Biarkan dia berenang sendiri. Tapi, Anda tetap berada di dekat anak agar mereka juga merasa aman.
Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter