Apa persiapan untuk bayi berenang

Persiapan Bayi Berenang

Antusiasme orangtua mengajak bayi berenang ke kolam renang, jangan sampai membuatnya melupakan beberapa benda yang wajib dibawa. Berikut di antaranya:

• Popok/celana renang bayi beserta cadangannya.

Saat ini di pasaran tersedia aneka popok/celana renang untuk bayi. Baik yang sekali pakai maupun yang tidak. Popok renang ini bentuknya sepeti popok (dengan tali di bagian depan) namun terbuat dari bahan seperti pakaian renang. Popok renang ini cocok untuk bayi di bawah 6 bulan. Sedangkan celana renang bayi, bentuknya sama dengan celana renang anak-anak, namun ukurannya disesuaikan dengan tubuh nmungil bayi.

• Handuk/jubah mandi bertudung untuk bayi.

Jubah mandi yang bertudung akan memberikan kehangatan pada bayi begitu diangkat dari kolam, ini untuk meminimalisir rasa dingin akibat perbedaan suhu udara dengan suhu di dalam air. Tapi kalau tidak ada, bisa juga menggunakan handuk bayi yang agak lebar sehingga bisa menutupi bagian kepalanya juga.

• Pelampung tangan/ban sesuai ukuran tubuh bayi.

Pelampung tangan/ban ini sebaiknya membawa sendiri, mengingat di kolam renang belum tentu tersedia yang sesuai ukurannya. Atau kalaupun tersedia, bisa saja stoknya terbatas sehingga harus antre bergantian dengan pengunjung lain.

• Baju ganti bersih.

Sediakan beberapa baju ganti yang bersih dan kalau bisa yang hangat. Bayi akan merasa nyaman menggunakan baju hangat, bersih dan kering setelah berendam di dalam kolam renang.

• Peralatan mandi.

Sampo, sabun, sisir, bedak, dan perlengkapan mandi lainnya jangan sampai tertinggal. Seperti diketahui air dalam kolam renang umum tidak bisa dipastikan kebersihannya, karenanya selesai berenang bayi harus segera mandi bersih untuk menjaga kesehatannya

• Mainan untuk di dalam air.

Bawakan saja mainan yang biasa digunakan di bak kecilnya untuk menemaninya selama berenang, seperti boneka plastik, buku plastik dan sebagainya. Mainan ini juga bermanfaat saat bayi harus menunggu orangtuanya berganti pakaian.

• Makanan/minuman.

Bila bayi sudah makan makanan pendamping ASI, siapkan makanan/susunya. Setelah setelah bermain dalam air, ia pasti lapar.

• Persiapan orangtua

Selain perlengkapan untuk bayinya, orangtua pun harus membawa perlengkapan untuk dirinya seperti: Pakaian renang/peralatan renang orangtua, baju ganti orangtua, kantong plastik untuk baju basah.

BUTTERFLY SWIMMING POOL

PERUMAHAN MEKAR WANGI

( BANDUNG )
JL TAMAN MEKAR ABADI 1 NO 36a

BUTTERFLY SWIMMING COURSE
Estha natalina, ST : 081320111868
PIN BB: D0A0B30A

Leave a Reply