Kelebihan Dari Berenang

Macam-macam kelebihan berenang

 

Kelebihan Dari Berenang
Kelebihan Dari Berenang

Meningkatkan kesehatan jantung.

Berenang dapat memperkuat jantung, otot yang paling penting ditubuh Anda. Efisiensi jantung memompa darah keseluruh tubuh juga dapat meningkat dgn berenang secara rutin. Penelitian bari Columbia University Medical Center menemukan, berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Membentuk dan menguatkan otot

Kelebihan Dari Berenang
Kelebihan Dari Berenang

Kepadatan air lebih besar 12 kali lipat daripada udara, membuat setiap gerakan tubuh di air seolah melewati hambatan. Hal inilah yang menjadikan renang mempunyai intensitas sama seperti aerobik.

Otot yang kuat dan bertahan lama dapat terbangun dgn berenang secara teratur. Satu studi menemukan , seseorang yang menyelesaikan program latihan renang selama 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23,8 %. Selain itu berenang secara cepat dgn ritme yang teratur dapat meningkatkan ketahanan kardio, kekuatan dan ketahanan otot.

Mencegah stres dan depresi.

Kelebihan Dari Berenang
Kelebihan Dari Berenang

Hampir sama dgn yoga, selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot yang disertai teknik pernapasan yang berirama. Itulah sebabnya berenang dapat membantu Anda untuk menghindari gejala stres.

Minim resiko cedera.

Kelebihan Dari Berenang
Kelebihan Dari Berenang

Ketika di air, tubuh Anda terasa lebih ringan karena distribisi berat yang harus ditopang oleh tubuh berkurang hingga 50 %. Otot dan persendian Andapun menerima tekanan yang lebih sedikit ketimbang ketika melakukan aktivitas di darat. Dampaknya jika dilakukan dgn teknik yang benar, maka Anda akan meminimalkan resiko cedera dibandingkan dgn olahraga lainnya.

Membakar kalori.

Ketika Anda sedang melakukan usaha penurunan berat badan Anda perlu membakar kalori lebih banyak. Hanya dgn berenang selama setengah jam, Anda dapat membakar 200 hingga 300 kalori, tergantung intensitas dan gaya yang Anda lakukan.

Untuk membakar kalori lebih banyak, lakukan latihan interval. Berenanglah sekuat tenaga sejauh 50 meter, kemudian istirahat selama 10 detik. Lalu berenang lagi sejauh 100, 150 hingga 300 meter dgn tetap diselingi istirahat selama 10 detik pada masing-masing checkpoint.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati

Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati

Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati
Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati

Aktifitas berenang atau bermain dalam air awal bagi bayi anda pertama kali dalam hidupnya sering menjadi tantangan untuk dilakukan. Berenang tidak sekedar untuk kesehatan tetapi juga untuk rekreasi yang sangat menyenangkan. Berenang adalah salah satu life skill atau keahlian yang diperlukan dalam hidup yang sangat diperlukan di masa depan. Beberapa kasus anak tenggelam salah satunya karena tidak mempunyai life skill berenang tersebut. Amankah dan apa manfaat dan resikonya berenang bila dilakukan sejak dini atau saat bayi.

Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati
Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati

Gagasan bayi mampu berenang di bawah air sudah terjadi berabad-abad lalu. Anak-anak di Kepulauan Pasifik telah melakukannya selama beberapa generasi, seperti yang diamati oleh Captain Cook kembali pada tahun 1778. Fenomena juga telah didokumentasikan medis selama bertahun-tahun. Pada awal 1939, Dr Myrtle McGraw menerbitkan studi perintis nya, ‘Swimming Behaviour in the Human Infant’ dalam Journal of Pediatrics, di mana telah dilakukan dokumentasi, difilmkan dan mempelajari 42 bayi berenang.

Beberapa pelopor utama adalah guru di Virginia Hunt Newman of the USA and Claire Timmermans of Australia. Para pendidik mendapat inspirasi untuk mengajarkan baik ratusan mereka sendiri dan banyak dari anak-anak lain untuk berenang selama 1960-an dan 70-an. Di Inggris, Dr Francoise Freedman terkenal karena karyanya pada bayi olahraga air, terinspirasi oleh pengalamannya tinggal bersama keluarga pribumi di Amazon Atas. Berenang bayi hari telah menjadi kegiatan utama, dengan lebih dari 300.000 anak di bawah dua berpartisipasi dalam sesi setiap minggu di Inggris saja.

Bayi memiliki afinitas yang nyata dengan air, telah menghabiskan beberapa bulan dalam rahim tersuspensi dalam cairan. Jadi mengambang di kolam suhu bak mandi akan, di awal, benar-benar merasa jauh lebih akrab daripada berada di lahan kering. sejak baru lahir, bayi sudah bisa diajarkan berenang. Selama sembilan bulan berada di perut ibu, bayi sudah terbiasa dengan air (ketuban). Menginjak usia empat bulan, bayi bahkan sudah punya refleks menyelam. Artinya, jika menyelam, dia tahu bagaimana cara agar tidak menelan air. Jadi sebenarnya sangat ideal untuk mengajarkan berenang di usia-usia seperti ini. Tapi begitu usia bertambah dan otak anak semakin berkembang, refleks ini justru menghilang. Akibatnya, anak harus belajar lagi untuk menahan nafas di dalam air. Namun, ini keyakinan bawaan dapat berkurang karena bayi semakin tua, mungkin menyebabkan rasa takut.

Bayi memiliki banyak refleks kompleks yang berkembang di dalam rahim. Secara historis media telah membuat banyak sesuatu yang disebut refleks menyelam mamalia. Ini sebenarnya adalah sebuah refleks hidup yang diaktifkan jika wajah terendam ke dalam air es dingin. Dua refleks lain yang dapat diaktifkan selama berenang bayi adalah muntah dan yang laring. Namun, meskipun kita memanfaatkan fakta bahwa bayi akan mengingat efeknya, kita pada dasarnya melatih bayi kami untuk menahan nafas mereka sebelum refleks pun dirangsang oleh sensasi air di laring mereka. Refleks hanya bahwa: respon spontan.

Beberapa bayi sebelum usia 1 tahun hingga usia 25 bulan dapat berenang dengan nyaman menahan napas selama 20 detik dalam jarak jauh. Mereka datang setelah berenang santai dan tenang, tetapi sebaiknya jangan dilakukan di rumah. Bayi harus menyelesaikan berenang setiap bahagia, tidak terengah-engah dan tidak mengambil dalam air.

Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati
Belajar Berenang Bagi Si Buah Hati

Rekomendasi Berenang

Meski The American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa anak-anak tidak siap untuk perkembangan belajar berenang sampai mereka 4 tahun. Namun, pengalaman dalam ribuan anak-program berenang di seluruh dunia, faktanya bayi dan balita bisa “berenang”. Beberapa orang yang tidak menyadari, berpikir bahwa Anda harus berenang gaya bebas untuk berenang. Jika Anda bertanya paling berpengalaman “bayi ramah” guru renang, mereka akan memberitahu Anda bahwa berenang adalah “gerakan harmonis melalui air”.

AAP juga prihatin tentang keracunan air, yang dapat menjadi masalah ketika bayi diajarkan dengan paksa, prematur, submersions berulang, terpaksa kembali mengambang atau di mana anak-anak menangis atau tersedak. Carilah program yang mengajarkan, lembut bertahap anak-serba kurikulum, mengikuti pedoman pengajaran yang aman.

The American Academy of Pediatrics (AAP) melonggarkan posisinya pada pelajaran renang untuk balita muda dari 4 tahun merevisi menjadi usia 1 tahun.AAP mempublikasikan secara online mendukung pelajaran berenang sejak usia 1. AAP menyebutkan dua studi terbaru – satu oleh para peneliti di National Institutes of Health dan lain dilakukan di daerah pedesaan Cina – menunjukkan manfaat dari pelajaran awal. Penelitian di Amerika, yang tampak pada data tenggelam kematian antara tahun 2003 dan 2005, menemukan bahwa di antara 61 1-ke-4-year-olds yang tenggelam, hanya 3% yang memiliki pelajaran berenang formal, dibandingkan 26% dari 134 kontrol cocok.

Namun AAP tidak merekomendasikan berenang atau air-hidup pelajaran untuk semua balita. Sebaliknya, orang tua harus memutuskan kapan anak mereka perkembangan siap untuk berenang. “Karena anak-anak berkembang pada tingkat yang berbeda, tidak semua anak akan siap untuk belajar berenang pada usia yang sama persis. Misalnya, anak-anak dengan motor atau kognitif cacat mungkin tidak siap untuk berenang pelajaran sampai usia lanjut, “kata AAP.

Orang tua harus memilih berenang kelas yang menekankan keselamatan air dan membutuhkan orang tua atau orang dewasa lain untuk berada di air dengan anak, menurut laporan AP, dan kelas harus memiliki setidaknya satu instruktur untuk setiap 10 siswa.

Tenggelam adalah penyebab utama kedua kematian, luka yang tidak disengaja antara anak-anak AS antara tahun 2000 dan 2006. Risiko tertinggi pada balita dan remaja laki-laki, sesuai dengan pernyataan kebijakan AAP. Tapi tingkat kematian tenggelam telah terus menurun di AS, dari 2,68 per 100.000 orang pada tahun 1985 menjadi 1,32 per 100.000 orang pada tahun 2006.

Kekhawatiran terbesar mereka adalah bahwa orang tua akan menjadi puas sekali anak-anak mereka dapat melakukan keterampilan keselamatan. Anak-anak secara alami tertarik pada air. Tidak tahu bagaimana untuk berenang, tidak pernah berhenti seorang anak dari tenggelam. Argumen puas bisa diterapkan untuk setiap ukuran keamanan. yaitu ini menyimpulkan bahwa jika orangtua telah mengajarkan anaknya untuk tidak pergi di jalan, bahwa mereka tidak akan lagi menonton anak mereka di halaman. Bertanggung jawab, orang tua informasi dengan baik akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjamin keamanan anak-anak mereka, terutama di mana air yang bersangkutan.

Manfaat berenang pada bayi

  • Berenang sejak lahir yang sangat baik untuk kesehatan bayi Anda dan pengembangan dan pengenalan awal akan menghindari mereka mengalami ketakutan air yang dapat berkembang di kemudian hari dalam masa kanak-kanak
  • Air membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Kurangnya gravitasi juga berarti bahwa bayi melatih otot-otot lebih (lebih efektif) dalam air daripada di darat
  • Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa bayi renang telah maju perkembangan motorik, keterampilan sosial dan kecerdasan. Penelitian serupa Finlandia menunjukkan bahwa bayi renang merangkak terlambat tetapi berjalan awal – setelah dikembangkan kontrol otot baik
  • Meskipun struktur lembut pelajaran, setiap sesi setengah jam menyediakan pekerjaan keluar-lengkap fisik: memperkuat jantung bayi Anda, paru-paru dan sistem pernapasan, yang pada gilirannya membantu perkembangan otak
  • Belajar untuk merespon perintah dapat membuat bayi Anda lebih tajam secara mental dan meningkatkan tingkat pemahaman
  • Kulit untuk kontak kulit sangat baik untuk memperkuat ikatan antara bayi Anda dan Anda. Orang tua dengan lebih dari satu anak juga menemukan itu cara terbaik untuk menjamin sesi mingguan di mana fokusnya adalah murni pada bayi mereka
  • Latihan yang melibatkan bergerak secara independen dalam air dan berpegang pada sisi yang indah untuk kepercayaan diri bayi Anda. Banyak orang tua juga menemukan bahwa menjadi akrab dengan penanganan bayi mereka dalam air dan berbagi pengalaman khusus sangat baik untuk kepercayaan diri mereka juga
  • Berenang secara teratur dalam air hangat baik relaks bayi Anda dan merangsang nafsu makan, menyebabkan tidur meningkat dan pola makan
  • Mencegah Fobia air di kemudian hari. Sebaiknya orangtua yang mempunyai fobia air sebaiknya melakukan iontervensi berenang pada bayi sejak dini pada anaknya

Manfaat Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Salah satu dari kondisi khusus yang dapat dioptimalkan dengan berenang dalam air seperti pada penderita Autism, Epilepsi, Cystic Fibrosis, Sindrom Down, Ketulian, Kebutaan, Spina Bifida dan Hydrocephalus, Cerebral Palsy, Hip Displasia, Talipes (Club Foot) dan Osteogenesis imperfecta (Penyakit Tulang Rapuh)

Adapun manfaat untuk anak dengan kondisi khusus tersebut adalah:

  • Peningkatan resistensi di dalam air membantu membangun otot
  • Terapung dalam air membantu mengurangi berat badan – menghapus 80% dari berat dari kaki
  • Berenang bantu pengembangan keterampilan motorik, kebugaran fisik dan interaksi sosial
  • Air memungkinkan untuk kebebasan yang jauh lebih besar dari gerakan
  • Membantu mendorong anak-anak untuk menggunakan konsentrasi, kontrol dan koordinasi
Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Rutin Berenang Bisa Mencerdaskan Anak Anda

Rutin Berenang Bisa Mencerdaskan Anak Anda
Rutin Berenang Bisa Mencerdaskan Anak Anda

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari kebiasaan melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin.  Bahkan berolahraga rutin sebaiknya dilakukan atau dibiasakan sejak usia kanak-kanak karena memang banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh.

Salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin sejak usia dini adalah berenang. Sebuah penelitian terbaru   mengungkapkan, anak-anak yang belajar berenang sejak usia belia ternyata berkembang lebih cepat dan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi ketimbang anak-anak seusianya.

Rutin Berenang Bisa Mencerdaskan Anak Anda
Rutin Berenang Bisa Mencerdaskan Anak Anda

Kesimpulan ini merupakan hasil riset yang digagas para ilmuwan dari Griffith Institute for Educational Research. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan survey kepada 7.000 orang tua anak-anak dari Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat   Anak-anak yang diteliti dalam riset ini berusia rata-rata di bawah lima tahun dan penelitian dilakukan selama tiga tahun. Peneliti juga mengikutsertakan sebanyak 180 anak lainnya berusia 3-5 tahun untuk dites. Tujuannya, agar penelitian tentang manfaat berenang pada anak-anak ini menjadi lebih komprehensif.

Menurut  pemimpin riset Professor Robyn Jorgensen, hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara anak-anak yang berenang dan non perenang tanpa dipengaruhi oleh latar belakang sosial-ekonomi. Namun penelitian tidak menemukan adanya pengaruh jenis kelamin terhadap perkembangan dan kecerdasan.

Selain perkembangan dari segi fisik, kelompok anak yang belajar berenang mencatat skor yang lebih baik dalam kemampun visual motorik seperti memotong kertas, mewarnai dan menggambar garis dan bentuk, serta tugas matematika.  Mereka juga cenderung lebih ekspresif dalam perkataan, dan menunjukan kemampuan lebih baik dalam beberapa bidang terkait huruf dan angka.

“Kebanyakan dari kemampuan tersebut bernilai tinggi dalam lingkungan pembelajaran, dan akan dipertimbangkan bermanfaat bagi anak-anak ketika mereka beranjak dari masa pra-sekolah ke sekolah ,” kata Jorgensen.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kelebihan berenang

Kelebihan Berenang

Kelebihan berenang
Kelebihan berenang

Sebelumnya dalam berenang terdapat banyak kelebihan jika anda pandai berenang. Disini, saya senaraikan beberapa kelebihan berenang yang perlu anda ketahui, antaranya:-

  • Berenang merupakan satu aktiviti senaman yang tidak menggunakan kekerasan. Tambahan pula, seluruh badan anda disokong oleh air semasa anda menjalankan aktiviti ini. Kebaikannya, tiada tekanan kuat yang menekan sendi-sendi tulang anda berbanding membuat senaman di atas darat.
  • Semasa anda menjalankan aktiviti renang, hampir keseluruhan otot utama, jantung dan paru-paru anda akan berkerja. Perkara ini boleh membuatkan tubuh badan anda akan merasa lebih segar, ringan dan berstamina setelah anda keluar daripada air.
  • Aktiviti renang dapat membakar kalori tubuh badan anda. Ini kerana, semasa berenang, tubuh badan anda akan merasa lebih berat untuk bergerak di dalam air. Apabila anda berusaha untuk bergerak, tenaga yang diperlukan oleh anda juga tinggi sehingga pergerakan anda itu dapat membakar 24% kalori yang wujud dalam tubuh anda. Disebabkan itulah, kebanyakan doktor di Malaysia menyarankan pesakit obesiti menjalankan aktiviti ini agar mereka dapat menurunkan berat badan yang dimiliki.
  • Aktiviti renang memerlukan anda mengamalkan bentuk postur badan yang betul. Apabila anda berdisplin dalam hal ini, aktiviti ini boleh membina kekuatan dan ketahanan otot-otot badan anda. Disamping itu juga, ia dapat melentur dan menghasilkan tubuh badan yang menarik buat anda.
  • Aktiviti renang mampu memberikan anda ketenangan dan mengurangkan keadaan stress yang wujud dalam diri anda. Apabila anda tenang dan tidak stress, keadaan jantung anda akan menjadi normal. Perkara ini mampu membantu anda dalam mengurangkan risiko daripada terkena pelbagai penyakit yang berprofail tinggi seperti sakit jantung.
  • Aktiviti renang adalah senaman dan sukan yang paling sihat dan selamat daripada risiko mendapat kecederaan. Ini kerana, aktiviti ini tidak melibatkan perbuatan yang aggresif seperti bermain permainan di darat. Contohnya: Futsal.
  • Aktiviti renang mampu melahirkan insan yang tenang, berani dan tidak panik semasa menghadapi saat kecemasan ketika berada dalam air. Ini kerana, apabila seseorang itu pandai berenang, sudah tentu insan yang berkenaan mampu berfikiran dengan lebih rasional dan tahu apakah tindakan yang perlu diambil bagi menyelesaikan situasi kecemasan yang dihadapi.

Ya! Itulah kelebihan-kelebihan aktiviti renang. Terdapat banyak lagi kelebihan aktiviti ini sebenarnya yang saya sendiri pun tak dapat bayangkan. Inilah aktiviti senaman yang seharusnya anda pilih supaya anda mendapat kelebihan-kelebihan yang telah saya nyatakan di atas.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

  • kelebihan berenang

Hukum Berenang Muslimah

Hukum Berenang Bagi Muslimah

Hukum Berenang Muslimah
Hukum Berenang Muslimah

Pada asalnya boleh bagi seorang muslimah berenang di kolam renang khusus muslimah selama tetap menjaga batasan-batasan syari’at , seperti misalnya seluruh wanita muslimah yang berenang di kolam renang tersebut menutup aurat mereka supaya pandangan tidak terjatuh pada sesuatu yang diharamkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Janganlah seorang laki-laki melihat aurat laki-laki, dan janganlah seorang wanita melihat aurat wanita lain.” (HR. Muslim, dari Abu Sa’id Al-Khudry radhiallahu ‘anhu)

Beliau shallallahu ‘alaihiwasallam juga bersabda:

“Jagalah auratmu kecuali dari istrimu atau budakmu.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzy, Ibnu Majah, dari Mu’awiyah bin Haidah radhiyallahu ‘anhu, dan dihasankan Syaikh Al-Albany)

Hadist ini menunjukkan dilarangnya melihat aurat orang lain selain yang disebutkan di atas, yaitu laki-laki melihat aurat laki-laki, dan wanita melihat aurat wanita. (Lihat Fathul Bari, Ibnu Hajar Al-’Asqalany 1/386)Berkata Syeikh Abdul Muhsin Al-’Abbaad hafidzahullah:

“Tidak mengapa para wanita berenang bersama wanita-wanita lain selama mereka dalam keadaan tertutup dengan pakaian mereka.”(Syarh Sunan Abi Dawud, diantara pertanyaan yang diajukan kepada beliau setelah Bab Maa Jaa’a fii At-Ta’arry, Kitab Al-Hammaam, kemudian saya tanyakan kembali pertanyaan ini kepada beliau hari Kamis tanggal 6 Shafar 1431 setelah shalat Shubuh, dan beliau menjawab dengan jawaban yang semakna)

Selain itu kolam renang tersebut harus aman dari pandangan laki-laki, kamera, dan yang semisalnya dll, apabila dikhawatirkan hal-hal yang tidak diinginkan -seperti yang banyak terjadi di zaman sekarang- maka tentunya menghindari kerusakan lebih didahulukan daripada mendatangkan mashlahat (kebaikan). (Lihat Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah 26/343 ).

Namun meski diperbolehkan dengan syarat-syarat di atas, tentunya tidak diragukan lagi bahwa tetap tinggalnya seorang wanita muslimah di rumah tentu lebih baik dan lebih aman baginya, dan sering keluarnya seorang wanita ke tempat-tempat seperti itu tentunya hal yang tidak baik dan akan membawa fitnah.

Allah ta’aalaa berfirman:

“Dan tetaplah kalian berada di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias seperti berhiasnya orang-orang jahiliyyah dahulu.” (Qs. Al-Ahzab: 33)

Berkata Syeikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu:

“Pada hakikatnya -wahai saudara-saudaraku-keluarnya seorang wanita dari apa yang sudah digariskan bagi mereka di dalam agama akan menyebabkan kerusakan bagi dirinya dan orang lain. Seorang wanita apabila dia belajar berenang di rumahnya maka tidak ada yang melarangnya, namun apabila dia keluar rumah ke tempat-tempat latihan berenang dengan sifat di atas dan dengan pakaian yang tidak menutup auratnya maka yang demikian itu menyelisihi syari’at, dan kewajiban para wali adalah bertaqwa kepada Allah di dalam urusan anak-anak wanita mereka, dan menjaga amanat tersebut, Allahlah yang akan menanyai mereka kelak.” (Majallah Al-Buhuuts Al-Islaamiyyah 68/54 dan 56)

Syeikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin rahimahullahu juga berkata:

“Alhamdulillah, nasehat saya untuk saudara-saudaraku, janganlah kalian mengizinkan wanita-wanita kalian mengikuti klub-klub renang dan olahraga, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa ‘alaa ‘aalihi wa sallam telah mendorong wanita supaya tetap berada di rumahnya, beliau telah bersabda tentang wanita yang mendatangi masjid yang merupakan tempat ibadah dan ilmu syar’i:“Janganlah kalian larang hamba-hamba wanita Allah dari masjid-masjid Allah, dan rumah-rumah mereka itu lebih baik bagi mereka”, dan ini adalah perwujudan dari firman Allah (yang artinya): “Dan tetaplah kalian berada di rumah-rumah kalian”, kemudian seorang wanita apabila sudah terbiasa melakukan yang demikian maka hatinya akan senantiasa tergantung dengannya karena kuatnya perasaan seorang wanita, ketika sudah demikian maka dia akan tersibukkan dari tugas-tugasnya baik tugas-tugas yang berhubungan dengan agama atau dunia, dan jadilah perkara tersebut terbayang-bayang dalam hatinya dan menjadi bahan pembicaraan dalam perkumulan-perkumpulan. Demikian pula seorang wanita apabila melakukan aktifitas seperti itu maka akan menjadi sebab hilangnya rasa malu pada dirinya, jika sudah hilang rasa malu maka jangan tanya akibatnya, kecuali Allah memberi karunia dengan istiqamah yang mengembalikan rasa malu pada dirinya, yang malu ini merupakan fitrah seorang wanita.

Dan diakhir jawaban ini saya ulangi nasehat saya untuk saudara-saudaraku yang beriman, supaya melarang wanita-wanita mereka baik anak-anak, saudara-saudara, istri-istri atau yang lain yang masih berada di bawah kekuasaan mereka untuk tidak mengikuti klub-klub seperti ini. Dan saya memohon kepada Allah, semoga Allah memberi karunia kepada kita semua dengan taufiq dan penjagaan dari segala fitnah yang menyesatkan, sesungguhnya Dia Maha Mampu melakukan segala sesuatu. Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, dan shalawat serta salam Allah atas nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya. (Majallah Ad-Da’wah edisi 1765/54)

Batas aurat wanita di hadapan wanita lain

Jumhur ulama mengatakan bahwa aurat wanita dihadapan wanita lain adalah antara pusar dan lutut. (Lihat Badai’ush Shanaa’i‘5/124, Al-Fawaakih Ad-Dawaaniy 1/202, Raudhatuththaalibin 5/370, dan Al-Mughny 9/505).

Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin:

“Para fuqaha kita rahimahumullah menyebutkan bahwa boleh bagi seorang wanita melihat seluruh badan wanita lain kecuali bagian antara pusar dan lutut.” (Majmu’ Fataawaa wa Rasaa’il Syeikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimiin 12/267)

Mereka mengqiyaskan aurat wanita dihadapan wanita dengan aurat laki-laki di hadapan laki-laki, dan yang mengumpulkan antara keduanya adalah persamaan jenis kelamin.

Sebagian ulama yang lain mengatakan bahwa aurat wanita di depan wanita sama dengan auratnya di depan mahram yaitu semua badannya kecuali tempat perhiasan yang nampak seperti kepala, telinga, leher, dada bagian atas, pergelangan tangan, pergelangan kaki.

Mereka berdalil dengan firman Allah ta’aalaa:

“Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam…” (Qs. An-Nuur: 31)

Berkata Syaikh Al-Albany rahimahullahu:

“Maka nash Al-Quran ini jelas menunjukkan bahwa wanita tidak boleh menampakkan selain tempat-tempat perhiasan tersebut di depan wanita muslimah yang lain.” (Ar-Radd Al-Mufhim hal: 75 )

Namun meskipun jumhur ulama berpendapat bahwa aurat wanita di hadapan wanita adalah antara pusar dan lutut, bukan berarti bahwasanya seorang wanita muslimah hanya menutup antara pusar sampai kedua lutut ketika dihadapan wanita lain, tapi hendaknya seorang muslimah tetap menjaga rasa malu dan kehormatannya dengan berpakaian di hadapan wanita lain seperti ketika dia berada diantara mahramnya.

Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin rahimahullahu:

“Aurat wanita dihadapan wanita seperti aurat laki-laki di hadapan laki-laki, yaitu antara pusar dan lutut, akan tetapi ini bukan berarti bahwa wanita memakai pakaian pendek yang tidak menutup kecuali apa yang ada diantara pusar dan lutut, karena ucapan seperti ini tidak pernah dikatakan oleh para ahli ilmu, akan tetapi maknanya adalah bahwasanya seorang wanita apabila mengenakan pakaian yang luas, tebal, panjang kemudian apabila nampak sebagian kakinya atau lehernya atau yang lainnya, di depan wanita lain maka ini tidak berdosa.” (Majmu’ Fataawaa wa Rasaa’il Syeikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimiin 12/267)

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

  • gambar wanita berenang