Menjaga kesehatan kulit seusai berenang

Menjaga Kesehatan Kulit Seusai Berenang

Menjaga kesehatan kulit seusai berenang
Menjaga kesehatan kulit seusai berenang

 

Dikutip Times of India, ada beberapa cara merawat kulit setelah berenang:

 

  • Dalam air di kolam renang biasanya ditambahkan klorin. Ini membuat kulit kering dan turun kelembabannya. Solusinya, mandilah dengan air hangat dan sabun unuk membilas klorin yang menempel di tubuh.

    Menjaga kesehatan kulit seusai berenang
    Menjaga kesehatan kulit seusai berenang
  • Sebelum berenang, pakailah lotion tabir surya yang tahan air. Setelah mandi usai berenang, pakai kembali  lebih banyak pelembab untuk kulit.  Ini upaya untuk mempertahankan kelembaban kulit.
  • Konsumsi air lebih banyak sebelum dan setelah berenang. Air mencegah Anda dari dehidrasi selama melakukan olahraga ini. Makan buah-buahan dan sayuran juga bagus untuk mempertahankan kesehatan kulit.
  • Sinar matahari yang mengenai kulit saat berenang bisa membuat kulit menjadi hitam dan kusam. Untuk ini, jangan lupakan perawatan harian bagi kulit.
  • Gunakan kulit pisang untuk mengurangi flek hitam di sekitar wajah, leher, lengan, dan kaki akibat berenang. Gosokkan ke tubuh, biarkan mengering, lalu bilas. Pisang dikenal sebagai pembersih yang efektif
Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

berenang dan kekurangan berenang

manfaat berenang dan kekurangan berenang

berenang dan kekurangan berenang
berenang dan kekurangan berenang

Berenang merupakan olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :

1. Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
3. Menambah tinggi badan
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
4. Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
5. Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
6. Self safety
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
7. Menghilangkan stres.
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.

Sebelum berenang, ag tubuh tidak ‘kaget’, dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.

Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.

dari semua manfaat ada kekurangan dari jenis olahraga berenang adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain, seperti joging, berjalan kaki, atau bersepeda.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

  • kekurangan berenang
  • kelebihan dan kekurangan berenang

Tempat Berenang Yang Menyeramkan di Dunia

Tempat Berenang  Yang Paling Menyeramkan Di Dunia

tempat berenang yang menyeramkan di dunia
tempat berenang yang menyeramkan di dunia

Pernahkah kita berenang di tempat yang aneh atau bahkan menyeramkan? Adakah tempat berenang yang menyeramkan? Jawabanya dalah Devil’s pool.

Devil’s Pool merupakan sebuah kolam renang yang bisa dikatakan sangat menyeramkan dan mematikan. Kolam renang yang terletak diVictoria Falls merupakan air terjun terbesar dunia dengan ketinggian 108 meter dan panjang 1,7 km. Tidak heran jika kolam renang ini dikenal sebagai kolam renang setan. Karang-karang alami berada di ujung air terjun ini bisa bisa dijadikan tempat berenang jika airnya dangkal.

Setiap tahunnya tempat wisata yang terletak di sisi Zambia ini selalu dikunjungi para wisatawan Biasanya selama September sampai Desember. Kebanyakan mereka ingin melihat air terjun dari puncaknya. Biasanya mereka yang ingin berenang dapat menikmati air terjun tanpa harus takut terseret derasnya air.

tempat berenang yang menyeramkan di dunia
tempat berenang yang menyeramkan di dunia

Sesuai namanya, Devil’s Swimming Pool, kolam renang ini diyakini sebagai yang paling berbahaya di dunia. Devil’s pool bukanlah buatan manusia tapi ceruk alami di air terjun terbesar yang terletak di perbatasan Zimbabwe dengan Zambia. Di bulan-bulan selain September – Desember, yang berani berenang di Devil’s akan langsung terseret dan terempas di dasar Sungai Zambezi karena karang penghalang di bibir air terjun itu terendam air yang mengalir deras.”

Menurut seorang turis asal AS Angela Stugren, mengaku bahwa tempat ini lebih menyeramkan dari bungee jumping.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

  • tempat menyeramkan di bandung

MANFAAT DAN CARA BERENANG

BERENANG CARA SEHAT  DAN  MANFAAT BERENANG

MANFAAT DAN CARA BERENANG

Berenang memang menyehatkan dan menyegarkan . Tapi, jangan asal berenang karena justru bisa mendatangkan penyakit. Tidak hanya di kolam, berenang di pantai pun tetap memberikan manfaat serupa. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.

Berenang tidak hanya bisa memberikan manfaat kesehatan secara fisik, seperti melatih ketahanan stamina, kekuatan otot, memperlancar kerja otot jantung, menurunkan berat badan, dan membakar kalori tubuh.

Namun olahraga ini juga juga memberikan manfaat secara emosional, seperti meditasi, mengistirahatkan pikiran, melatih pengaturan waktu, mengembangkan jiwa spotif, dan meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Jika ingin mendapatkan hasil optimal dari olahraga ini dan terhindar dari recreational water illnesses (RWIs) maka lakukan cara berenang yang sehat dengan memperhatikan tips berikut, Rabu (19/1/2011):

1. Hindari berenang di pantai setelah hujan deras. Hujan membawa polutan dari jalan, taman, dan pertanian, sebelum masih ke dalam sungai yang bermuara di laut. Karena itu, jumlah bakteri pasti meningkat sehingga berisiko menimbulkan penyakit. Sebaiknya, tunggu selama 1-3 hari sebelum berenang di pantai atau laut.

2. Jangan berenang di air berbau, berwarna, dan tampak aneh, karena merupakan pertanda ada yang tidak beres dengan air tersebut.

3. Ikuti petunjuk dalam papan pengumuman di pantai. Jika ada sesuatu yang kurang aman atau berisiko membahayakan kesehatan, pasti akan ada pengumuman di papan tersebut.

4. Hindari meminum air laut dan kolam, atau membenamkan kepala, jika tidak yakin dengan kualitas airnya, misalnya mengandung bakteri atau alga yang membahayakan kesehatan.

5. Jangan berenang jika memiliki luka terbuka atau infeksi karena bisa menyebar ke air dan orang lain yang berenang di tempat tersebut.

6. Gunakan fasilitas toilet yang sepantasnya. Jangan membilas toilet dengan air sembarangan untuk menghindari risiko penyebaran kuman lewat air tidak bersih untuk membilas toilet. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas di toilet untuk menghentikan persebaran kuman di air kolam atau pantai.

7. Ajak anak untuk buang air di kamar mandi secara teratur, setiap 30-60 menit, sehingga mereka tidak menggunakan sembarang air untuk membersihkan diri. Atau agar anak tidak sembarangan buang air di kolam atau pantai tempat berenang.

8. Jangan memaksakan berenang jika kondisi kesehatan kurang baik, terutama jika mengalami gejala gangguan perut, seperti diare dan mual. Atau, jangan berenang hingga 2 minggu setelah diare. Orang lain akan berisiko tertular bakteri penyakit ini. Ingatlah bahwa bakteri bisa hidup di air kolam hingga berhari-hari.

9.Buang air besar dan sampah di tempat yang sudah disediakan. Jangan buang air besar atau mmbuang bekas popok sekali pakai di dekat tempat orang biasa berenang karena bisa menyebarkan peyakit. Gantilah popok anak di tempat yang sudah disediakan, jangan di dekat tempat berenang agar kuman dari popok yang kotor tidak menyebar ke air kolam atau pantai. Jangan lupa bersihkan anak dengan menggunakan sabun sebelum kembali berenang.

10.Hindari berenang di air yang tenang, tanpa riak, dan hangat, atau di sebelah saluran air terjun, karena merupakan tempat yang paling cocok untuk perkembangbiakan bakteri, alga, dan amuba penyebab meningitis.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

  • cara berenang

Belajar Berenang

Belajar Berenang

Belajar Berenang
Belajar Berenang

Sebelum kita melakukan berbagai hal, mulai dari hal yang terkecil sampai hal yang terbesar pasti membutuhkan proses pembelajaran agar hal yang akan kita lakukan tersebut dapat mudah kita lakukan. Begitu pula dengan olah raga. Setiap cabang olah raga pasti membutuhkan  latihan atau pembelajaran agar guna dapat melakukan olah raga tersebut dengan baik. Renang merupakan salah satu cabang olah raga yang membutuhkan pembelajaran guna kita dapat berenang di kolam tanpa tenggelam terlebih dahulu. Di sini kita akan menjelaskan mengenai belajar berenang.

Renang adalah salah satu kegiatan fisik paling mudah untuk belajar. Tetapi banyak orang pergi melalui seluruh hidup mereka tanpa belajar bagaimana berenang, biasanya karena mereka takut air. Dengan ketakutan Anda santai dan menaklukkan, Anda akan terkejut mengetahui betapa mudahnya untuk mengajar diri untuk berenang.
Apa yang harus kita butuhkan sebelum kita berenang?

Belajar Berenang
Belajar Berenang

 

 

 

Cari tempat di mana Anda tahu kedalaman air yang tepat setiap saat. Di kolam renang besar, kedalaman jelas ditandai di sepanjang tepi, tetapi dalam tubuh alami air, Anda mungkin harus menyelidiki lebih hati-hati, menggunakan tongkat atau perenang berpengalaman. Hal ini penting untuk tetap dalam air di mana Anda dapat menyentuh bagian bawah dan masih menjaga kepala Anda di atas permukaan sampai Anda mengajar diri sendiri bagaimana untuk berenang.

 

Belajar Berenang
Belajar Berenang

 

Mengajar diri sendiri bagaimana untuk berenang dengan belajar bagaimana untuk menginjak air, memastikan bahwa Anda usaha ke kedalaman kolam yang cukup dalam sehingga kaki Anda tidak akan memukul bawah, tapi tidak terlalu dalam bahwa Anda tidak akan dapat beristirahat dengan aman . Menginjak air melibatkan menendang kaki anda dengan lembut saat mengambang dalam posisi vertikal, seperti naik sepeda. Praktik ini sampai Anda dapat menjaga kepala Anda mengapung selama 20 sampai 30 detik pada suatu waktu.

 

Praktek mengambang di punggung Anda dengan menahan napas dalam-dalam dan memungkinkan tubuh Anda untuk menjadi apung di dalam air. Hal ini akan mengajarkan Anda untuk tetap bertahan ketika Anda menjadi terlalu lelah untuk berenang, dan akan membantu untuk mengurangi ketakutan Anda air.

Ambil keunggulan di sisi kolam dan memungkinkan tubuh Anda untuk mengapung ke permukaan dengan mengambil napas dalam-dalam, kali ini di perut Anda. Setelah tubuh Anda menjadi dekat dengan horisontal dalam air, mulai menendang dengan lembut, bergantian gerak kaki Anda. Praktek tetap bertahan dengan cara ini sampai Anda dapat mengatur 20 sampai 30 detik pada suatu waktu juga.

Belajar Berenang
Belajar Berenang

Mulai mengembangkan stroke lengan yang tepat dengan mendorong dari sisi kolam, mengambil napas dalam-dalam dan mulai gerak Anda menendang. Stroke lengan Anda harus halus dan berpusat di bawah permukaan air, yang akan mendorong Anda maju. Percobaan dengan berbagai jenis stroke renang, dan praktek berenang jarak yang lebih jauh.

Petunjuk

Tidak pernah menyelam ke kepala air pertama kecuali anda tahu kedalaman yang tepat dari tubuh air, dan menyadari setiap hambatan yang mungkin ada di bawah permukaan.

belajar berenang sendiri
cara belajar berenang sendiri
praktek berenang
belajar mengambang
cara mengambang saat berenang
cara mengapung vertikal di dalam air
belajar renang sendiri
teknik mengambang di kolam yang dalam
cara mengambang saat renang
cara mengapung di kedalaman

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Incoming search terms:

  • les berenang di bandung
  • cara mengambang di kolam renang
  • belajar berenang tanpa praktek belum bisa